Perancangan Sistem Distribusi dan Transportasi pada Distributor Semen Gresik di PT. Sinar Abadi Karya Bersama, Surabaya

  • Wirawan Shelly Sugianto PT. Bank ICBC Indonesia

Abstract

PT. Sinar Abadi Karya Bersama merupakan distributor PT. Semen Gresik Tbk. Pada perusahaan ini seringkali terdapat kelebihan stock di gudang dan tertunda dalam mengirim semen ke toko-toko. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan dengan cara meramalkan permintaan selama 15 minggu. Kemudian menghitung safety stock dan DRP (Distribution Requirements Planning). Perusahaan akan mempunyai penghematan biaya simpan dan lost sales cost sebesar 47,15%. Pada sistem transportasi ini diupayakan agar kendaraan tiba di toko sebelum waktu toko tutup. Sistem transportasi tepatnya pada penjadwalan kendaraan diusulkan dengan menggunakan software optimasi Lingo. Penghematan biaya kirim dan waktu kirim sebesar 4,97 % dan 2,89 % dengan sistem transportasi usulan. Service level untuk permintaan yang
terkirim dari 97,49% dapat ditingkatkan menjadi 100%. Service level untuk permintaan yang terpenuhi dari 98,7% dapat ditingkatkan menjadi 100%. Oleh karena itu, dengan usulan yang ada sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Published
2017-07-21
How to Cite
SUGIANTO, Wirawan Shelly. Perancangan Sistem Distribusi dan Transportasi pada Distributor Semen Gresik di PT. Sinar Abadi Karya Bersama, Surabaya. Journal of Logistics & Supply Chain Management, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 47-60, july 2017. ISSN 1979-0686. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/JLSCM/article/view/259>. Date accessed: 20 sep. 2017.