PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP OPINI AUDIT MENGENAI GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2011

  • Felicia Lianna Chandra Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan pengaruh dari penerapan good corporate governance terhadap opini audit mengenai going concern. Faktor good corporate governance yang akan digunakan adalah kepemilikan manajerial, komisaris independen, dan komite audit. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik dan menggunakan sampel sebanyak 132 perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2010-2011. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kepemilikan manajerial dan komisaris independen memiliki hubungan negatif terhadap pemberian opini audit mengenai going concern, sedangkan komite audit memiliki hubungan positif terhadap pemberian opini audit mengenai going concern. Namun, ketiga variabel ini memiliki tingkat signifikansi diatas 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa investor tidak semata-mata melihat penerapan good corporate governance perusahaan untuk mempertimbangkan kelangsungan hidup perusahaan yang diminati.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01
How to Cite
CHANDRA, Felicia Lianna. PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP OPINI AUDIT MENGENAI GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2011. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 -18, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/101>. Date accessed: 19 nov. 2017.