RELEVANSI GENDER TERHADAP LEADERSHIP STYLE DAN PENERAPAN RESULT CONTROL DI FAKULTAS BISNIS PROGRAM STUDI S-1 UNIVERSITAS “X”

  • Elisabeth Lanny Tanzil Lu Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori relevansi gender terhadap leadership style dan penerapan result control pada fakultas bisnis program studi S-1 universitas “x”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel yang diambil adalah dekan fakultas dan masing – masing ketua jurusan karena fokus penelitian adalah dalam lingkup fakultas bisnis khususnya pada program S-1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview, observasi dan analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara gender, leadership style dan penerapan result control di fakultas. Keterkaitan tersebut berada pada peran gender antara lain feminin dan maskulin, kemudian masing – masing karakter mempunyai arah pembentukan gaya kepemimpinan, dimana karakter maskulin lebih mengarah pada gaya kepemimpinan transaksional dan dalam penerapan result control lebih mengandalkan target kinerja, melakukan evaluasi kinerja, dan pemberian reward dan punishment. Sebaliknya karakter feminin mengarah pada gaya kepemimpinan transformasional dan dalam penerapan result control tidak mengandalkan pemberian reward dan punishment, melainkan kesadaran dari pribadi masing – masing individu.

Published
2013-03-01
How to Cite
LU, Elisabeth Lanny Tanzil. RELEVANSI GENDER TERHADAP LEADERSHIP STYLE DAN PENERAPAN RESULT CONTROL DI FAKULTAS BISNIS PROGRAM STUDI S-1 UNIVERSITAS “X”. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 10, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/102>. Date accessed: 28 july 2017.