RANCANGAN 5S (Seiri, Seiton,Seiso,Seiketsu, dan Shitsuke) PADA UD. GUNA WIJAYA MOTOR BALIKPAPAN

  • Ngo Kevin Marlon Christoforus Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Guna Wijaya Motor bergerak dalam penjualan serta layanan jasa kendaraan roda dua. Dalam mengelolah toko, bengkel dan gudang, UD. Guna Wijaya Motor sudah menerapkan metode 5S tetapi dalam prakteknya masih kurang terutama pada penerapan tahap Seiri. Bengkel merupakan kegiatan utama pada UD Guna Wijaya, tetapi belum menerapkan Seiri dengan baik sehingga menimbulkan dampak seperti : susahnya mencari perkakas karena saling tercampur, membutuhkan waktu yang lama untuk mencari perkakas, dan kebersihan tidak dapat dijaga dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk merancang dan meningkatkan metode 5S yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan rancangan yang bersifat kualitatif yang mengangkat topik metode 5S. Tahap Seiri dirancang dengan cara barang dipilih sesuai kategorinya. Tahap Seiton dirancang dengan cara menentukan dimana barang tersebut akan di simpan dan bagaimana cara penyimpanannya. Tahap Seiso  dirancang dengan cara menambah alat kebersihan yang ada dan piket harian. Tahap Seiketsu dirancang dengan cara memberikan media visual. Tahap Shitsuke  dirancang dengan menerapkan SOP. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang metode 5S sehingga dapat  meminimalkan bahkan menyelesaikan masalah-masalah  yang ada di UD. Guna Wijaya Motor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Arwani.2009.Warehouse Check Up (Edisi-1): Rancangan 5S pada Gudang di UD Asri Jaya Sidoarjo, Universitas Surabaya

Christina, W.U.,2010,Manajemen Ritel: Strategi Implemetasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia,Edisi2, Edward Tanuja.

Jeffrey, K. Liker,2006,The Toyota Way:14 Prinsip Manajemen dari Perusahaan Manufaktur Terhebat di Dunia.

Joenan, F.H. 2014. Rancangan 5S pada Gudang di UD Asri Jaya Sidoarjo. Universitas Surabaya

Osada,Takashi,2004, The 5S’s : Five keys to a Total Quality Environment ; Penerjemah:Mariani G,PMM.

Purwono,H.2004.Buku Perencanaan dan Perancangan Fasilitas: Rancangan 5S pada Gudang di UD Asri Jaya Sidoarjo, Universitas Surabaya

Simanjuntak, Mariana, 2014, Penerapan Manajemen Kaizen di Institusi Publik Non Profit,Vol. 2

https://malianariska26.wordpress.com/bisnis-ritel-modern-indonesia/ diunduh pada tanggal 30 Maret2016

http://manajemenproduksi.com/apa-itu-5s-dan-cara-penerapan-metode-5s/ diunduh pada tanggal 30 Maret2016

http://surabayapost.net/ diunduh pada tanggal 30 Maret2016

https://suprizaltanjung.wordpress.com/2012/10/30/ritel-bisnis-yang-tidak-pernah-mati/ diunduh pada tanggal 30 Maret2016
Published
2017-09-01
How to Cite
CHRISTOFORUS, Ngo Kevin Marlon. RANCANGAN 5S (Seiri, Seiton,Seiso,Seiketsu, dan Shitsuke) PADA UD. GUNA WIJAYA MOTOR BALIKPAPAN. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 1105 – 1118, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1041>. Date accessed: 15 aug. 2018.