PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2010-2011

  • Marissa Yaparto Universitas Surabaya
  • Dianne Frisko Universitas Surabaya
  • Rizky Eriandani Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan yang diproksikan pada Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS). Penelitian ini termotivasi dari banyaknya perbedaan pada hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2011, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara purposive judgment sampling menurut kriteria. Sampel yang dikumpulkan dalam penelitian ini sebanyak 158 perusahaan. Hasil menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE), serta Earning per Share (EPS).

Published
2013-03-01
How to Cite
YAPARTO, Marissa; FRISKO, Dianne; ERIANDANI, Rizky. PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA SEKTOR MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2010-2011. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 19, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/106>. Date accessed: 22 sep. 2017.