IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PDCA DAN SEVEN TOOLS PADA PT. ROSANDEX PUTRA PERKASA DI SURABAYA

  • Andre Handoko Jurusan Manajemen Jejaring Bisnis Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Berdasarkan pengamatan, dapat diketahui bahwa masalah yang sedang dihadapi oleh PT. Rosandex Putra Perkasa Surabaya adalah jumlah produk cacat yang dihasilkan selama proses produksi lantai kayu dan dinding panel kayu selama bulan Maret – Juni 2016 telah membuat perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp. 1.552.500.000. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pengendalian kualitas menggunakan pendekatan PDCA dan seven tools pada PT. Rosandex Putra Perkasa Surabaya.   Analisis pengendalian kualitas menggunakan pendekatan PDCA dan  seven tools berupa check sheet, histogram, diagram pareto, peta kendali p, diagram sebab-akibat, dan FMEA. Alat tersebut akan di implementasikan pada perusahaan PT. Rosandex Putra Perkasa Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah kualitas di PT. Rosandex Putra Perkasa dapat diminimalisir dengan menggunakan pendekatan PDCA dan Seven Tools. Selain itu, jumlah kerugian dari kecacatan produk lantai kayu mengalami penurunan sebesar Rp 185.500.000 dan jumlah kerugian dari kecacatan produk dinding panel kayu mengalami penurunan sebesar Rp. 210.000.000. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D.W., 2004, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas), Yogyakarta, Penerbit : Andi.

Assauri, Sofjan, 2004, “Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Revisi 2004”, Lembaga Penerbit FE-UI, Jakarta.

Ferdian, Anthony C., 2016, Implementasi Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Pendekatan Seven Tools dan FMEA Pada CV. Madu Gong di Mojokerto, Skripsi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya.

Hartono, Irwan, 2016, Pengendalian Kualitas Produksi Lantai Kayu Dengan Menggunakan Seven Tools di PT. Usman Indah Jombang, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya.

Irwan, dan Haryono, D., 2015, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif), Bandung, Penerbit : Alfabeta Bandung.

Juran, Joseph M, 1998, Juran’s quality handbook 5th edition, New York: McGrawHill.

Kho, B., 2016, QC Seven Tools (Tujuh Alat Pengendalian Kualitas), http://ilmumanajemenindustri.com/qc-seven-tools-tujuh-alat-pengendalian-kualitas/ diakses pada tanggal 3 Mei 2016.

Nasution, M. N., 2005, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Ghalia Indonesia, Bogor.

Prihantoro, Rudy, 2012, Konsep Pengendalian Mutu, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Poerwanto, H. G., 2014, sites.google.com. [Online] Available at : https://sites.google.com/site/kelolakualitas/Diagram-Pencar diakses pada tanggal 7 Mei 2016.
Published
2017-09-01
How to Cite
HANDOKO, Andre. IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PDCA DAN SEVEN TOOLS PADA PT. ROSANDEX PUTRA PERKASA DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 1329 – 1347, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1062>. Date accessed: 18 june 2018.