PENGARUH PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN HASIL SURVEI THE INDONESIAN INSTITUTE PERCEPTION GOVERNANCE (IICG) PERIODE 2008-2011

  • Gabriela Cynthia Windah Universitas Surabaya
  • Fidelis Arastyo Andono Universitas Surabaya

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) adalah sistem yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan dengan tujuan, agar mencapai keseimbangan antara kewenangan perusahaan dan pertanggungjawaban kepada stakeholders. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Good Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja keuangan perusahaan pada periode 2008-2011. Objek penelitian pada perusahaan yang telah menerapkan GCG dan masuk dalam Corporate Governance Perception Index (CGPI) hasil survei The Indonesian Institute of Corporate Governance (IICG). Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik regresi berganda secara parsial maupun secara simultan untuk menghubungkan GCG dengan kinerja keuangan perusahaan. Analisis regresi menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan antara variabel independen GCG terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROA dan Tobin’s-Q, sedangkan jika diukur dengan ROE memiliki pengaruh signifikan. Hasil ini pengukuran ROE sesuai dengan temuan Darmawati et. al (2005), Trinanda dan Mukodim (2010), dan Sami et. al (2012). Namun tidak sesuai dengan temuan Klapper dan Love (2002) untuk pengukuran ROA dan Tobin’s-Q.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01
How to Cite
WINDAH, Gabriela Cynthia; ANDONO, Fidelis Arastyo. PENGARUH PENERAPAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN HASIL SURVEI THE INDONESIAN INSTITUTE PERCEPTION GOVERNANCE (IICG) PERIODE 2008-2011. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 20, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/110>. Date accessed: 20 nov. 2017.