KORELASI TINGKAT EFISIENSI, KEAMANAN DENGAN INTERNET BANKING SEBAGAI ALTERNATIF BRANCHLESS BANKING PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK DI SURABAYA

  • Wulan Rain Manu Dima Jurusan Ilmu Ekonomi Konsentrasi Perbankan dan Jasa Keuangan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 274 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 808 times
Keywords: Internet Banking, Tingkat Efisiensi, Keamanan, Branchless Banking

Abstract

Meningkatnya penggunaan internet dan telepon genggam, mengakibatkan pengembangan jaringan electronic banking (e-channel) menjadi sangat penting bagi bisnis perseroan untuk menjaga kesetiaan nasabah. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk merupakan salah satu bank yang menawarkan jasa internet banking dengan berbagai terobosan-terobosan baru yang dirancang agar dapat terus berkembang dan bersaing, serta mempertahankan eksistensinya dalam dunia perbankan. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sangat menyadari bahwa pelayanan kepada nasabah harus menyesuaikana pada kemajuan teknologi, artinya dengan bersentuhan pada teknologi maka PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan mempermudah kinerja bank dan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi antara tingkat efisiensi dan Keamanan dengan Internet Banking sebagai alternatif Branchless Banking pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kuesioner yang digunakan dibatasai oleh pengguna internet banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode accindental sampling. Hasil pengujian hipotes yang menggunkan spearman rank menunjukan bahwa ada korelasi tingkat efisiensi dan internet banking dengan nilai tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,1 dan ada korelasi antara keamanan dan internet banking dengan nilai tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,1

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anand MB, Sreenivas DL. (2013) A Study on Branchless Banking in India. International Journal of Development Research. 3(8):1-6.

Ahmad Sanusi, “Prospek Internet Banking di Era Millenium III”, (Jakarta: Majalah Bank dan Manajemen, edisi Maret-April 2000), hal. 67

Ashur Harmadi dan Budi Hermana. (2005), Analisis Karakteristik Individu DanPrilaku Pengguna Internet Banking: Reliabilitas Dan Validitas InstrumenPengukuran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi

Bank Indonesia.(2013). Statistik Perbankan Indonesia,2013.- Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan Deputi Direktur Publikasi dan Administrasi.

Budi Agus Riswandi. (2005) Aspek Hukum Internet Banking, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Davis, F. (1989). "Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and user acceptance of information technology," MIS Quarterly , Vol. 13, No. 3, page 320 - 340

Dawes, John (2008), “Do Data Characteritics Change According to the number of scale points used? An experiment using 5-point, 7-point and 10-point scales,” International Journal of Market Research, 50 (1), 61-77.

Devvy Pisheila Pratiwi. (2012). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Pengalaman terhadap Penggunaan Mobile Banking dengan Dimensi Niat Penggunaan Mobile Banking Nasabah Bank BCA di Surabaya.

Engel, James F. Blackwell, Roger D. dan Miniard, Paul W. (1994). Perilaku Konsumen. Edisi 6 Jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta.

Facebook Statistic. (2009). Internet World Stats. Usage and Pupulation Statistic.

Gant, Amanda L.(2012). Effect Of Mobile Banking in Microfinance Institution Performance in Kenya,[tesis]. Faculty of the graduate school of arts and sciences of georgetown University

Garcia-Torres M. abraham, “Consumer Behaviour Theory : utility Maximization and The seek Of Novelty”

Gary Lewis dan Kenneth Thygerson, The Financial Institution Internet Source Book (New York: Mc.Graw-Hill, 1997), hal. 100-101

Griffin, Ricky W. dan Ebert Ronald J. (2003). “Bisnis”. Jakarta: Prenhallindo.

Gronlund., dan Linn. 1990. Measurement and Evaluation in Teaching. Sixth Edition. New York: Macmillan Publishing Company.
Published
2017-09-01