PERLAKUAN AKUNTANSI BERDASARKAN PENERAPAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (ETAP) DALAM MENUNJANG KEWAJARAN LAPORAN KEUANGAN UD. X DI BALI

  • Clara Sarchan Indrawan Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Sebagian besar pelaku UMKM masih memiliki kendala dalam hal keterbatasan pengetahuan mengenai akuntansi dan kemalasan pelaku UMKM untuk menyusun laporan keuangan yang sesuai SAK ETAP karena sudah puas dengan bisnis yang dimilikinya dan sudah merasa cukup atas informasi keuangan yang seadanya dalam bisnisnya. Kondisi juga terjadi pada UD. X, sebuah UMKM yang bergerak dalam bidang distributor alat elektronik yang terletak di Bali. Meskipun UD.X telah lama didirikan dan memiliki aktivitas bisnis yang memadai namun belum dapat menerapkan SAK ETAP dengan baik dalam penyajian laporan keuangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode applied research karena hasil penelitian ini dapat diterapkan oleh UD.X untuk meningkatkan kewajaran laporan keuangannya. Dari hasil penelitian penulis ditemukan bahwa terdapat beberapa perlakuan akuntansi UD.X yang belum sesuai dengan SAK ETAP yaitu dalam perlakuan akuntansi sediaan, aset tetap, pajak penghasilan, dan penyajian laporan keuangan lengkap yang berdasarkan SAK ETAP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baas, T. dan M. Schrooten. 2006. Relationship Banking and SMEs: A Theoretical Analysis. Small Business Economics, 27.

Belkaoui, Ahmed Riahi. 2006. Teori Akuntansi, edisi kelima. Salemba Empat : Jakarta.

Darmadji, Stevanus Hadi. 2007. Prospek Pembentukan dan Sistem Akuntansi Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dalam Kewirausahaan UKM : Pemikiran dan Pengalaman , Yogyakarta : Graha Ilmu, hal 189-220.

Efferin, S., S.H. Darmaji dan Y.Tan. 2008. Metode Penelitian Akuntansi : Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatid dan Kualitatif. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Horngren, T. Charles. 2008. Akuntansi Biaya Penerapan Manajerial Jilid 1. PT. Indeks : Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Dewan Standar Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia, Jakarta.

Kieso, E Donald and Weygand, Jerry J and Warfierld, D Terry. 2014. Intermediate Accounting: IFRS Edition, 2nd Edition. Wiley : United States of America.

Libby, Robert dan Short. 2008. Akuntansi Keuangan, edisi kelima. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Lubis, Arfan Ikhsan. 2010. Akuntansi Perilaku, edisi kedua. Salemba Empat : Jakarta.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 96/PMK.03/2009 Tentang Jenis-Jenis Harta yang Termasuk dalam Kelompok Harta Berwujud Bukan Bangunan untuk Keperluan Penyusutan.

Pujiyanti, Ferra. 2015. Cara Cepat Menguasai Laporan Keuangan. Lembar Pustaka Indonesia : Jakarta.

Reeve, Carl S. Warren dan Jonathan E.Duchac. 2012. Principles of Accounting –Indonesia Adpatation. 2nd Edition. Cengage Learning : Canada.

Shatu, Yahya Pudin. 2016. Kuasai Detail Akuntansi Laba dan Rugi. Pustaka Ilmu Semesta : Jakarta.

Sujarweni, Wiratna. 2015. Akuntansi Sektor Publik Teori, Konsep, Aplikasi. Pustaka Baru Press : Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Published
2018-03-01
How to Cite
INDRAWAN, Clara Sarchan. PERLAKUAN AKUNTANSI BERDASARKAN PENERAPAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (ETAP) DALAM MENUNJANG KEWAJARAN LAPORAN KEUANGAN UD. X DI BALI. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 186 - 202, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1136>. Date accessed: 11 dec. 2018.