EVALUASI PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA DAN REWARD & PUNISHMENT SYSTEM UNTUK MENGATASI MASALAH MOTIVASI MONTIR DI UD.X

  • Eliana Catalina Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Dalam dunia bisnis yang semakin ketat ini, perusahaan baik jasa maupun manufaktur berlomba-lomba untuk melakukan berbagai cara untuk dapat bertahan dan berkembang. Kelangsungan badan usaha sangat bergantung dari para pekerjanya. Terutama untuk badan usaha dalam bentuk jasa. Badan usaha akan berlomba-lomba mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya sehingga para pekerjanya memiliki motivasi dalam bekerja. Ketika seorang karyawan termotivasi, maka para karyawan akan bekerja sesuai dengan tujuan dari perusahaan. Dan diharapkan dapat mendatangkan profit bagi perusahaan. Namun, masalah motivasi ini tidaklah mudah untuk diselesaikan. Badan usaha perlu menerapkan reward and punishment system yang tepat agar masalah motivasi ini terselesaikan. Masalah motivasi ini seringkali di jumpai di banyak badan usaha tak terkecuali yang terjadi di UD “X”.Oleh karena itu, melalui penelitian ini dapat menyelesaikan masalah motivasi yang terjadi di UD “X”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan analisis dokumen terhadap aktivitas badan usaha untuk mendapatkan data yang objektif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa reward and punishment system yang telah diterapkan selama ini oleh UD “X” masih terdapat kelemahan-kelemahan yang dibutuhkan perbaikan agar dapat memotivasi para karyawan UD “X” dalam bekerja.. Dengan penelitian ini diharapkan dapat membantu UD “X” dalam menyelesaikan masalah motivasi karyawan UD “X” karena mengingat UD “X” bergerak dibidang jasa dimana artinya karyawan merupakan kunci penting atau dapat dikatakan sebagai “jantung” perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abernethy, Margaret A.; Bouwens, Jan & van Lent, Laurence. 2009. The role of performance measures in the intertemporal decisions of Business Unit managers. Contemporary Accounting Research, Vol. 30, No. 3,pp. 925-961

Anthony, Robert and Vijay Govindarajan. 2007, Management Control System, 12th ed. McGraw-Hill: NY, US

Atkinson, A. A., J. H. Waterhouse and R. B. Wells. 1997. "A stakeholder approach to strategic performance measurement." Sloan Management Review Spring: 25-37. Badan Pusat Statistik (BPS), diakses dari http://bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1413 (diakses pada tanggal 13 Mei 2016, Jam 16.00 WIB)

Conrad, David., Ghosh, Amit., and Isaacson, Marc. 2015. Employee motivation factors; A comparative study of the perceUDions between physicians and physician leaders. International Journal of Public Leadership, Vol. 11 Iss 2 pp. 92-106.

Efferin, S., S. H. Darmadji, dan Y. Tan. 2008. Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Efferin, S. 2010. Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif-Interpretif di Bidang Akuntansi: Seni Mengelola Keterbatasan. Paper dipresentasikan pada acara Kolokium dan Seminar Nasional Program M.Si. dan Doktor: Aplikasi Meta Analysis dan Metode Triangulasi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Efferin, S., and B. Soeherman. 2010. Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen: Filosofi dan Aplikasi. Elex Media, Gramedia: Jakarta

Fitzgerald, L. and Moon, P. 1996. Performance Measurement in Service Industries: Making it Work, The Chartered Institute of Management Accountants, London.
Published
2018-03-01
How to Cite
CATALINA, Eliana. EVALUASI PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA DAN REWARD & PUNISHMENT SYSTEM UNTUK MENGATASI MASALAH MOTIVASI MONTIR DI UD.X. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 203 - 216, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1140>. Date accessed: 14 aug. 2018.