PERANCANGAN SARANA MAKAN UNTUK MENUNJANG AKTIVITAS MAKAN ANAK

  • Tony Chandra Jurusan Desain Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya

Abstract

Makan seharusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan terutama bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Namun yang terjadi kenyatannya adalah beberapa anak mengalami kesulitan makan bahkan tidak menyukai aktivitas makan tersebut. Anak yang tidak menyukai aktivitas makan membuat mulut mengemut makanan dan berujung pada aktivitas makan yang lama. hal ini berdampak pada aktivitas anak selanjutnya. Semisalnya sehabis makan anak harus tidur siang, jika aktivitas makan terlalu lama maka aktivitas istirahat anak akan terundur menjadi lebih lama. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif. Melalui observasi produk yang sudah beredar hingga observasi terhadap studi perilaku yang mencakup studi aktivitas makan di dalamnya. Metode kualitatif juga didukung dengan melakukan analisis terhadap konten-konten yang disukai anak hingga analisis tata letak untuk mengetahui konfigurasi peralatan makan yang digunakan. Tujuan dari sarana makan untuk menunjang aktivitas makan anak yang akan didesain ini supaya aktivitas makan anak dapat berjalan dengan baik sehingga anak dapat lanjut ke aktivitas selanjutnya. Selain itu juga perancangan ini bertujuan untuk menarik minat anak terhadap aktivitas makan dengan menonjolkan bentuk dan warna dari peralatan makan yang merangsang nafsu makan anak. Dengan menggabungkan konsep natural dan konkret sarana makan untuk menunjang aktivitas makan anak hadir dengan garis, bentuk, warna, tekstur, dan grafis yang sesuai dengan pengalaman anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2013. 7 Problem Makan Anak. Diakses dari http://www.ayahbunda.co.id. Tanggal 4 Oktober 2016.

Anonim. 2014. Biopolish® – Interior Food Grade Wood Polish. Diakses dari : http://www.bioindustries.co.id. Tanggal 8 November 2016.

Bondan T. Sofyan. 2011. Pengantar Material Teknik. Jakarta: Salemba Teknika.

Ipoel. 2014. 7 Penyebab Anak Mengemut Makanan. Diakses dari http://tabloid-nakita.com. Tanggal 4 Oktober 2016.

Irawan, Bambang. (2013). Dasar-Dasar Desain untuk Asitektur, Interior-Aksitektur, Seni Rupa, Desain Produk Industri dan Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Grup).
Iridiastadi, Hardianto, MSIE, Ph.D dan Yassierli, Ph.D. Ergonomi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratitasari, D. 2010. Makan Sayur Seasyik Bermain. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Ramli. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Rapley, Gill dan Tracey Murkett. 2011. Baby-Led Weaning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock. John W. 2007. Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.
Published
2018-03-01
How to Cite
CHANDRA, Tony. PERANCANGAN SARANA MAKAN UNTUK MENUNJANG AKTIVITAS MAKAN ANAK. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 641 - 658, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1186>. Date accessed: 17 dec. 2018.