PENERAPAN OLAHAN LIMBAH BUAH KELAPA PADA PRODUK FURNISHING

  • Samuel Adidharma Lukito Jurusan Desain Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya
Abstract Views: 698 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 598 times
Keywords: Dekorasi Rumah, Panel Dinding, Partisi

Abstract

Indonesia merupakan negara yang beriklikm tropis. Dengan kondisi iklim yang tropis, Indonesia mememiliki banyak sekali kekayaan alam, contohnya seperti tanaman kelapa. Tanaman kelapa biasanya tumbuh didaerah pantai. Kelapa telah banyak diambil manfaatnya untuk kebutuhan masyarakat. Mulai dari kebutuhan jasamani, hingga kebutuhan aktifitas manusia seperti, pembangunan, peralatan rumah tangga, mainan, dan lainnya. Namun kenyataannya pemanfaatan tersebut masih menimbulkan limbah. Sehingga, berdasarkan permasalahan ini dibuatlah penelitian ini yang memanfaatkan limbah buah kelapa. Proses penelitian pertama-tama dilakukan dengan cara mengumpulkan data mengenai buah kelapa dan juga studi eksisting terhadap buah kelapa dan bahan alam (bahan fiber). Setelah itu dilakukan observasi untuk mengetahui pengolahan yang baik untuk mengolah limbah dari buah kelapa. Setelah mendapatkan hasil dari observasi maka dibuatlah sebuah produk dekorasi rumah yang memanfaatkan limbah daripada buah kelapa, yaitu berupa panel dinding yang memiliki fungsi estetik dan juga sebagai pembatas ruangan (partisi) yang berkonsep natural.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jendral Perkebunan. Luas Areal Tanaman Perkebunan Rakyat Menurut Jenis Tanaman, 2000-2015. 2/2/2016. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1669.

Zukifli, Lubis. Dinas Kebersihan Lubuklinggau Keluhkan Limbah Kelapa Muda. 28/8/2016. http://www.antarasumsel.com/berita/303789/dinas-kebersihanlubuklinggau-keluhkan-limbah-kelapa-muda.

Anonim. Kelapa, 1001 Manfaat Buah Serba Guna. 3/3/2016. http://repsid.com/kelapa-1001-manfaat-buah-serba-guna/.

Pratiwi, Meita, Ketut Sutara, Pande. Etnobotani Kelapa di Wilayah Denpasar dan Bandung. Jurnal Simbiosi I. 2(2013). 102-111.

P., Fryza, A., Raditya. 2017. Product Styling Trend Forecasting 2017-18’GREYZONE’. BEKRAF(Badan Ekonomi Kreatif Indonesia): Indonesia.

C., Adelinah, R., Rina, U., Sugeng, N., Kafin. 2017. Interior Trend Forecasting 2017-18’GREYZONE’. BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia):Indonesia.
Published
2018-03-01