APLIKASI TUTORIAL PEMBUATAN EQUIPMENT DAN PATTERN MAKER FALCONRY

  • Hugo Christie Jurusan Teknik Informatika Program Multimedia Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 155 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 90 times
Keywords: Falconry, Equipment, Tutorial, Pattern Maker

Abstract

Falconry merupakan sebuah seni dan olllhraga kuno berburu dengan menggunakan burung pemangsa yang telah dilatih. Falconry telah dipraktekkan dalam berbagai variasi bentuk selama ribuan tahun oleh berbagai budaya yang berbeda. Equipment Falconry sangat penting untuk faktor keamanan dan kenyamanan saat melatih. Equipment kondisi sekarang ini harga yang mahal, dan terkadang ukuran juga tidak sesuai. Dengan demikian dibutuhkan suatu media yang dapat mengatasi hal tersebut. Seiring perkembangan teknologi yang makin pesat, maka untuk membantu memberikan informasi ten tang pembuatan equipment falconry dengan benar, maka dibuatlah aplikasi tutorial stop motion pembuatan equipment dan software pattern malcer falconry. Pada aplikasi tutorial ini terdapat informasi mengenai cara membuat equipment falconry dengan menampilkan video stop motion dan informasi teks. Alasan pembuatan dengan cara stop motion adalah supaya tidak terganggu oleh adanya tangan atau benda-benda yang dapat menutupi objek sehingga mengganggu penyampaian informasi. Materi tutorial ini mencakup pembuatan 4 equipment yaitu anldet, jesse, hood, glove dan 1 tips untuk membuat lure. Sedangkan untuk software pattern maker mencakup 4 pola equipment yaitu anglo indian hood, dutch hood, ground lure, dan swing lure. Desain dan penggunaan tema wama dengan tone warna alam yang sesuai dengan falconry membuat aplikasi ini menarik untuk digunakan. Uji coba pada aplikasi tutorial pembuatan equipment dan pattern maker falconry sudah dilakukan, baik oleh penyusun, maupun oleh dosen pembimbing dan target pemakai untuk mengevaluasi tutorial dan pattern maker ini. Dari basil uji coba, disimpulkan bahwa tutorial dan pattern maker ini menarik dan dapat membantu para falconer dalam membuat equipment sendiri dan sesuai dengan ukuran yang diinginkan khususnya hood dan lure

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adobe PDF (2014). About Adobe PDF http://www.adobe.com/products/acrobat/adobepdf.html (Diakses pada Mei 2014)

Arsyad, Azhar Ayip. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Glasier, Phillip (1978). Falconry & Hawking Third Edition. United Kingdom : Batsford

Hendriana, B.K. (2005). Efektifitas Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI.

International Falconry Forum (2000-2014). Equipment Pattern. http://www.falconryforum.co.uk/ (Diakses pada Februari 2014).

Lydia Ash (2004 – 2014). The modern Apprentice – Falconry, Ecology, Education. http://www.themodernapprentice.com/ (Diakses pada tanggal 15 Januari 214).

Sadiman, A. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Squidoo (2010). Making a Falconry Hood http://www.squidoo.com/Making-a-Falconry-Hood (Diakses pada Februari 2014).
Published
2015-03-01