HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN ORGANISASI CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN HOTEL X SURABAYA

  • Lia Pristiwanika Triantina Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Organisasi mengharapkan perilaku dari karyawan yang semaksimal mungkin agar dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif. Dalam hal ini tidak hanya perilaku in-role atau bekerja sesuai dengan standar job description, namun juga berperilaku extra-role yang artinya memberikan kinerja yang lebih pada organisasi dari yang diharapkan, yang disebut sebagai Organizational Citizenship Behavior (OCB). Perilaku OCB dapat terjadi karena adanya karakteristik individual, diantaranya adalah faktor motivasi kerja dan kepuasan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara motivasi kerja dan kepuasan kerja pada karyawan Hotel X Surabaya. Desain penelitian ini ialah kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 35 responden dengan menggunakan sample size dan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dan Product Moment Pearson. Hasil penelitiannya ialah secara parsial antara motivasi kerja terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai p=(0.000)<0.05 dengan nilai R=(0.830). Selanjutnya antara kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior juga terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai p=(0.000) < 0.05 dengan nilai R=(0.622). Kemudian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai p=(0.000)<0.05 dengan nilai R=(0.850). Sumbangan efektif dari motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior sebesar 72%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio, N. E., & Sutanto, E. M. (2014). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Karyawan terhadap Organizational Citizenship Behavior di CV. Supratex. AGORA, 2(1).

Nadiri, H., & Tanova, C. (2010). An Investigation of The Role of Justice in Turnover Intentions, Job Satisfaction, and Organizational Citizenship Behavior in Hospitality Industry. International Journal of Hospitality Management, 29, 33-41.

Podsakoff, N. P., Whiting, S. W., Podsakoff, P. M., & Blume, B. D. (2009). Individual- and Organizational-Level Consequences of Organizational Citizenship Behaviors: A Meta-Analysis. Journal of Applied Psychology,94(1), 122-141.

Soentoro, D. P. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dan Kepuasan Kerja Di PT. Sucofindo. Skripsi. Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya.

Tania, A., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan PT. Dai Knife di Surabaya. AGORA, 1(3).

Yuwono, S., Susanto, K. P., & Ferdiana, V. (2014). Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Dengan Organizational Citizenhip Behavior (OCB). Research Methods and Organizational Studies, 444-451.
Published
2018-03-01
How to Cite
TRIANTINA, Lia Pristiwanika. HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN ORGANISASI CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN HOTEL X SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 990 - 998, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1215>. Date accessed: 14 aug. 2018.