HUBUNGAN ANTARA EFEKTIFITAS IKLAN DAN KUALITAS PRODUK DEN GLAONYALITAS KONSUMEN PRODUK ROTI X

  • Deta Alvian Anggono Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Loyalitas konsumen adalah komitmen untuk melakukan pembelian kembali terhadap produk/jasa yang disukai meskipun terdapat pengaruh situasi dan pemasaran yang dapat menyebabkan perpindahan produk. Faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah promosi/iklan dan kualitas produk. Penelitian ini menguji hubungan antara efektivitas iklan dan kualitas produk dengan loyalitas konsumen. Teknik pemgambilan sampel dilakukan dengan Incidental Sampling dan mendapatkan 150 subjek pada Tirotti Bakery dengan sesuai kriteria. Data penelitian ini diperoleh dengan skala loyalitas konsumen, efektivitas iklan, dan kualitas produk. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukan korelasi yang positif (p<0.05) untuk efektivitas iklan maupun kualitas produk dengan loyalitas konsumen. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan adanya korelasi positif antara kualitas produk tinggi dan efektivitas iklan yang baik membuat konsumen loyal. Diharapkan agar penelitian selanjutnya mengambil sampel yang lebih banyak. Saran untuk perusahaan agar tetap mampu menjaga kualitas produknya mampunĀ  meningkat konten iklan yang menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, Dewi, Yonaldi (2012) Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 2.

Arif Budiman. (2013). Studi Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada PT. B4adranaya Putra, Bandung). Di bawah bimbingan Prof.Dr.Ir.H. Eriyatno, MSAE

Azwar, Saifuddin. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Buttle, Francis. 2004. Customer relationship Management Concept and Tools. Elsevier Ltd.

Bie, Chiao, (2001), Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behaviour

Christiawan, Vega., (2013), Efektivitas Mobile Advertising pada Aplikasi

Dharmmesta, Basu Swastha. 1999. Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 3, Tahun1999.

Dick and Basu (1994), Customer Loyalty: Toward an Integrated Conceptual Framewok

Fandy Tjiptono, (2000). Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta.

Griffin, Jill. 2002. Costumer Loyalty. Jakarta: Erlangga.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty. Edisi Revisi dan Terbaru. Penerbit: Erlangga. Jakarta

Herdi P., Indira R, (2012). Analisis AISAS

Jahanshahi et al, (2011), International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 7.
Published
2018-03-01
How to Cite
ANGGONO, Deta Alvian. HUBUNGAN ANTARA EFEKTIFITAS IKLAN DAN KUALITAS PRODUK DEN GLAONYALITAS KONSUMEN PRODUK ROTI X. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 1027 - 1031, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1227>. Date accessed: 16 aug. 2018.