PENGARUH MANAGING STRESS DALAM BENTUK AKTIVITAS MENULIS EKSPRESIF TERHADAP STRES KERJA PADA KARYAWAN PRAMUSAJI RESTORAN X

  • Lucky Angelia Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian stres kerja pada pramusaji ini ingin membuktikan wujud aplikasi dari managing stress melalui sebuah aktivitas meulis ekspresif. Tujuan dari aktivitas menulis ekspresif itu sendiri adalah (1) Meningkatkan pemahaman bagi diri sendiri maupun orang lain; (2) Meningkatkan kreatifitas, ekspresi diri dan harga diri; (3) Memperkuat kemampuan komunikasi dan interpersonal; (4) Mengekspresikan emosi yang berlebihan (katarsis) dan menurunkan ketegangan; dan (5) Meningkatkan kemampuan individu dalam menghadapi masalah dan beradaptasi. Ketika 5 tujuan tersebut tercapai maka diharapkan tingkat stres kerja pramusaji dapat menruun. Namun sayangnya, hasil uji Wilcoxon Signed Ranks pada kelompok eksperimen menunjukkan p (0,161) > dari α (0,05), yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan pada tingkat stres kerja sebelum (pretest) dan sesudah (post-test) melakukan aktivitas aktivitas menulis ekspresif. Hasil ini menunjukkan
bahwa aktivitas menulis ekspresif tidaklah efektif dalam menurunkan stres kerja pada pramusaji. Ketidakefektifan ini disebabkan karena waktu yang kurang lama, karakteristik subjek yang kurang menyukai aktivitas menulis, keterbatasan penyampaian pikiran dan perasaan subjek, serta terdapat permasalahan lain yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan menulis (contoh: pemasalahan finansial) Oleh karenanya, penelitian berikutnya harus lebih memperhatikan karakteristik subjek, kasus subjek, dan lamanya waktu menulis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayne, R. (2004). Psychological Types at Work: An MBTI Perspective. United Kingdom: Thomson Learning.

Colquitt, Lepine, Wesson. Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment In The Workplace Second Edition. New York: The McGraw- Hill Companies Inc., 2011.

Fikri, H. T. (2012). Pengaruh Menulis Pengalaman Emosional dalam Terapi Ekspresif terhadap Emosi Marah pada Remaja. Humanitas, 103-122.

Hamidah, R. D. (2012). Pengaruh Expressive Writing terhadap Penurunan Depresi pada Remaja SMK di Surabaya. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 94-100.

Lockwood, W. (2015, September). Stress and Stress Management. www.RN.ORG

Marchelia, V. (2014). Stres Kerja Diitinjau dari Shift Kerja Pada Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 130-143.

MTD TRAINING. (2010). Managing Stress. UK: Ventus Publishing ApS.

Myers, D. G. (2010). Social Psychology. New York: McGraw-Hill.

Rahmawati, M. (2014). Menulis Ekspresif sebagai Strategi Mereduksi Stres untuk Anak-Anak Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), 276-293.
Published
2018-03-01
How to Cite
ANGELIA, Lucky. PENGARUH MANAGING STRESS DALAM BENTUK AKTIVITAS MENULIS EKSPRESIF TERHADAP STRES KERJA PADA KARYAWAN PRAMUSAJI RESTORAN X. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 1032 - 1050, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1228>. Date accessed: 16 aug. 2018.