HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PELANGGAN DAN PERCEIVED QUALITY DENGAN KESETIAAN MEREK PADA PRODUK PENJUALAN LANGSUNG X

  • Sandra Kartika Sari Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Perusahaan penjualan langsung yang tergabung dalam APLI (Asosiasi Penjualan langsung Indonesia) telah banyak dan memiliki persaingan yang cukup besar baik dari produk perusahaan  penjualan langsung maupun produk non penjualan langsung. Terdapat delapan puluh empat perusahaan penjualan langsung di Indonesia (update terakhir 2015 di akses apli@cbn.net.id). Dari delapan puluh empat perusahaan peneliti mengambil salah satu perusahaan untuk diteliti dengan tujuan untuk melihat hubungan kepuasan pelanggan dan perceived quality dengan kesetiaan merek. Kesetiaan merek adalah kecenderungan individu untuk terus menerus memilih atau melakukan pembelian, mengkonsumsi produk daripada merek lain. Aspeknya antara lain pembelian-pemakaian berulang, pembelian berbagai produk yang ditawarkan, referensi terhadap pihak lain dan kekebalan terhadap penawaran pesaing. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subyek 101 dengan teknik snowball sampling dan accidental sampling. Hasil penelitian ada korelasi antara kepuasan pelanggan dan perceived quality dengan kesetiaan merek (r=0,653; =,000). Hasil korelasi antara kepuasan pelanggan dengan kesetiaan merek (r=0,331; =,000). Ada juga korelasi antara perceived quality dengan kesetiaan merek (r=0,390; =,000). Perceived Quality memiliki pengaruh lebih besar daripada kepuasan pelanggan terhadap kesetiaan merek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, Zohaib. 2014. Effect of Brand Trust and Customer Satisfaction on Brand Loyalty in Bahawalpur. Journal of Sociological Research.Vol 5 No 1 306-326

APLI. 2015. Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Diunduh pada tanggal 06 Mei 2016 dari apli@cbn.net.id

Bloemer, Jose. M. M. dan Kasper, Hans. D. P. 1995. The Complex Relationship Between Consumer Satisfaction and Brand Loyalty. Journal of Economic Psychology. 311-329

Durianto, Sugiarto, dan Sitinjak. 2004.Strategi Menaklukan Pasar. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Ercis, Aysel. Unal, Sevtap. Candan, F. Burcu, dan Yildirim, H. 2012. The Effect of Brand Satisfaction, Trust, and Brand Commitment on Loyalty and Repurchase Intentions.Journal of Elsevier. Procedia Sosial and Behavior Sciences.

Giese, Joan. L. dan Cote, Joseph. A. 2002. Defining Consumer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review. Volume 2000. No1

Griffin,Jill. 1995. Customer Royalty. How to Keep How to Earn. New York: Lexinton Books

Mellens, M. Dekimpe, M. G. dan Skeenkamp, J. B. E. M. 1996. A Review of Brand Loyalty Measures in Marketing. Tjidschrift voor Ecomomic Marketing en Management. Vol. XLI,507-533
Published
2018-03-01
How to Cite
SARI, Sandra Kartika. HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PELANGGAN DAN PERCEIVED QUALITY DENGAN KESETIAAN MEREK PADA PRODUK PENJUALAN LANGSUNG X. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 1051 -1061, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1230>. Date accessed: 16 aug. 2018.