DINAMIKA PSYCHOLOGICAL WELL BEING ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK DENGAN GANGGUAN DEPRESI

  • Sonia Retsy Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dinamika psychological well being orang tua yang memiliki anak dengan gangguan depresi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Kredibilitas data diperoleh melalui triangulasi data, yaitu tulisan oleh penulis dan wawancara dengan anak dari subjek. Teori yang digunakan untuk menguraikan proses yang dialami Willy dan Jane adalah teori psychological well being, depresi, dukungan sosial, dan strategi coping. Hasil penelitian ini adalah kedua subjek memiliki psychological well being yang berbeda. Subjek Willy memiliki enam dimensi pada teori psychological well being, yaitu dimensi penerimaan diri, dimensi hubungan positif dengan orang lain, dimensi otonomi, dimensi penguasaan lingkungan, dimensi pertumbuhan pribadi dan dimensi tujuan hidup. Sedangkan subjek Jane, memiliki empat dimensi dari keenam dimensi psychological well being. Perbedaan antara Willy dan Jane terletak pada dimensi otonomi dan dimensi penguasaan lingkungan. Keluarga besar serta teman-teman memberikan dukungan kepada Willy dan Jane. Perbedaan hasil antara dua subjek dikarenakan Willy adalah seorang kepala keluarga, sehingga dalam pengambilan keputusan ditentukan oleh Willy, dan bukan Jane, hal ini mempengaruhi dimensi otonomi. Willy juga memiliki pekerjaan, sehingga Willy berusaha mengatur waktunya dalam bekerja dan menjaga Novi, dan Jane saat itu tidak bekerja, hal ini termasuk dalam dimensi penguasaan lingkungan. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat membantu orang tua dalam mengatasi anak depresi, khususnya dalam meningkatkan psychological well being. Bagi masyarakat diharapkan penelitian ini dapat memberi pengetahuan mengenai cara pandang terhadap psychological well being orang tua yang memiliki anak depresi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adler, N., Marmot, M., McEwen, B. & Stewart, J. (1999). Socioeconomic Status and Health in Industrialized Nations : Social Psychological, and Biological Pathways (Vol. 896). New York : New York Academy of Sciences.

Alsa, A. (2003). Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR


Anggawijaya, S. (2013). Hubungan Antara Depresi dan Prokrastinasi. Calyptra:Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1 - 12.

Asih, G. Y., & Pratiwi M. M. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi universitas Muria Kudus, I(1), 33-42.

Baron. R. A. & Byrne. D. (2003). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta:Erlangga.

Bartram, D., & Boniwell, L. (2007, September). The science of happiness: Achieving sustained psychological well being. Positive Psychology in Practice, pp. 478-482

Boromand, N., Nariman, M., & Mosazadeh, T. (2014). Comparing the Psychological Well Being Factors Among the Parents of the Mentally Retarded Children with Those of the Normal Children. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 21(1), 1 - 8.

Cohen, S. & Syme, S.L. (1985). Social Support and Health. London : Academic Press. Inc.

Dagun. 1990. Psikologi Keluarga : Peran Ayah Dalam Keluarga. Jakarta : CV Rajawali

Dewi, K. S. (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang : CV. Lestari Mediakreatif (E – Book) : https://core.ac.uk/download/files/379/11737005.pdf

Dimatteo, M. R. (1991). Psychology of Health, Illness, and Medical Care. California : Brooks / Cole Publising Company.

Ghoniyah, Z., & Savira, S. (2015). Gambaran Psychological Well Being pada Perempuan yang Memiliki Anak Down Syndrome. Character, 3(2), 1 - 8.

Hartanti. (2001). Peran sense of humor dan dukungan sosial pada tingkat depresi penderita dewasa pasca stroke. Anima, Indonesian Psychologist Journal, 2(17), 107-119.
Published
2018-03-01
How to Cite
RETSY, Sonia. DINAMIKA PSYCHOLOGICAL WELL BEING ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK DENGAN GANGGUAN DEPRESI. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 1138 -1156, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1245>. Date accessed: 14 aug. 2018.