FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEBT PERUSAHAAN PADA SEKTOR CONSUMER GOODS DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2015

  • Mochammad Fauzi Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Deddy Marciano
  • Endang Ernawati Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi debt pada perusahaan industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2015. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah debt. Variabel independen yang digunakan adalah profitability, earning volatility, asset tangibility, firm size, non-debt tax shield, liquidity, growth, dan business risk. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi yaitu model linier berganda untuk menguji hipotesis dengan sampel 28 perusahaan industri barang konsumsi di BEI periode 2009-2015. Jumlah observasi adalah 196 poin observasi dengan menggunakan syarat dan asumsi klasik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa profitability berpengaruh negatif signifikan terhadap debt, earning volatility berpengaruh positif signifikan terhadap debt, asset tangibility berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap debt, firm size berpengaruh positif signifikan terhadap debt, non-debt tax shield berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap debt, liquidity berpengaruh negatif signifikan terhadap debt, growth berpengaruh positif signifikan terhadap debt, dan business risk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap debt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Najjar, Basil, 2011, Empirical Modelling of Capital Structure: Jordanian Evidence, Journal of Emerging Market Finance 10:1

Alom, Khairul., 2013, Capital Structure Choice of Bangladesh Firms: An Empirical Investigation, Asian Journal of Finance & Accounting, School of Business Studies, Southeast University, Bangladesh

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston, 2001, Manajemen Keuangan, Edisi 8, Erlangga, Jakarta.

Danso, Albert dan Adomako, Samuel., 2014, Financial Behaviour of Firms and Financial Crisis, Managerial Finance, Volume 40

Ghozali, Imam., 2009, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Universitas Diponegoro

Gitman, L.J., 2006, Principles of Managerial Finance 7th Edition, Addison Wesley, Pearson Education Inc.

Gitman, L.J., 2008, Principles of Managerial Finance, 13th Edition, Pearson Education, Inc.
Published
2018-03-01
How to Cite
FAUZI, Mochammad; MARCIANO, Deddy; ERNAWATI, Endang. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEBT PERUSAHAAN PADA SEKTOR CONSUMER GOODS DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2015. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 1451 - 1469, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1270>. Date accessed: 19 oct. 2018.