PENGARUH COUNTERFEIT PRONENESS TERHADAP COUNTERFEIT PURCHASE INTENTION PAKAIAN TIRUAN DI SURABAYA

  • William Stanza Setiawan Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Counterfeit Proneness terhadap Counterfeit Purchase Intention. Penelitian ini juga meneliti dan mengetahui hubungan Ethical Judgements terhadap Counterfeit Purchase Intention di wilayah Surabaya. Objek yang diambil adalah pakaian tiruan di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah 200 responden yang berdomisili Surabaya dan pernah membeli dan juga menggunakan pakaian tiruan dalam 1 tahun terakhir. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah non probability sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melalui pengujian secara statistik. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Analysis of Moment Structure (AMOS 21). Hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis, kecuali hubungan subjective norms terhadap counterfeit purchase intention yang terbukti tidak signifikan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan ethical judgements yang berhubungan positif terhadap counterfeit purchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hair, Joseph F., William C. Black, Barry J., Babin, Rolph E. Anderson, Ronald L. Tatham, 2010, Multivariate Data Analysis 7h edition, Pearson Prentince Hall: USA.

http://finance.detik.com/industri/3192918/industri-barang-kw-dunia-nilainya-rp-6000-triliun Diunduh pada tanggal 7 November 2016

http://www.oecd.org/sti/ind/44088872.pdf Diunduh pada tanggal 7 November 2016

http://industri.bisnis.com/read/20150225/12/406333/survei-miap-peredaran-produk-palsu-rugikan-negara-rp651-triliun Diunduh pada tanggal 19 Oktober 2016

http://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-2639468/dampak-peredaran-produk-abal-abal-industri-rugi-rp-3-triliun Diunduh pada tanggal 1 Desember 2016

http://www.viva.co.id/prancis2016/read/583898-mendag--40-persen-produk-impor-berkualitas-rendah-dan-palsu Diunduh pada tanggal 30 November 2016

https://tirto.id/barang-palsu-membuat-rugi-tapi-juga-menghidupi-89R Diunduh pada tanggal 24 Oktober 2016

http://swa.co.id/swa/trends/business-research/karena-barang-palsu-pdb-indonesia-bisa-merugi-rp651-triliun-per-tahun Diunduh pada tanggal 23 Oktober 2016
Published
2018-03-01
How to Cite
SETIAWAN, William Stanza. PENGARUH COUNTERFEIT PRONENESS TERHADAP COUNTERFEIT PURCHASE INTENTION PAKAIAN TIRUAN DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 1533 - 1547, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1275>. Date accessed: 14 aug. 2018.