IMPLEMENTASI PENGELOLAAN MEDIA BERBASIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PENCAPAIAN SASARAN MUTU WARTA UBAYA

  • Aris Surya Putra Universitas Surabaya
  • Eko Pudjolaksono Universitas Surabaya
  • Imanuel Goestaman Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran sistem pengendalian manajemen guna meningkatkan kinerja kru Warta Ubaya supaya sasaran mutu dapat tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan applied research dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah Warta Ubaya, subsistem Universitas Surabaya yang bergerak di bidang pengelolaan media berupa tabloid. Sumber data dalam penelitian ini adalah narasumber yang terdiri dari Manajer Penerbitan, Staf, tim Redaktur, dan Koordinator bidang kerja. Guna meminimalisasi bias, peneliti juga melakukan survey, analisis dokumen, dan observasi. Berdasarkan hasil evaluasi, peneliti menemukan bahwa permasalahan pencapaian sasaran mutu ini disebabkan karena adanya lack of directions, motivational problems, dan personal limitations. Permasalahan tersebut muncul akibat longgarnya control system tightness dalam desain sistem pengendalian manajemen di Warta Ubaya. Sehingga peneliti merekomendasikan peningkatan control system tightness untuk masing-masing bentuk pengendalian.

Published
2013-03-01
How to Cite
PUTRA, Aris Surya; PUDJOLAKSONO, Eko; GOESTAMAN, Imanuel. IMPLEMENTASI PENGELOLAAN MEDIA BERBASIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PENCAPAIAN SASARAN MUTU WARTA UBAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 13, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/128>. Date accessed: 22 sep. 2017.

Most read articles by the same author(s)