HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER SATISFACTION DENGAN PRICE SENSITIVITY PADA INSUDTRI RITEL DI SURABAYA

  • Andhini Ardhanariswari Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 149 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 467 times
Keywords: Customer satisfaction, Price sensitivity, Dyadic Sampling

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara customer satisfaction dengan price sensitivity. Lebih spesifik lagi, Customer satisfaction dibagi menjadi dua, yaitu economic satisfaction dan social satisfaction. Objek yang dipilih yaitu : 1) toko ritel yang menjual produk pakaian dan aksesoris fashion serta 2) toko ritel yang menjual produk makanan dan minuman ringan di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner dengan melibatkan 200 pasang responden pelanggan – karyawan toko (dyads) dengan teknik pengambilan sampel non – probability sampling. Pengujian dilakukan secara statistik dengan metode Analisis Regresi Hirarki dengan bantuan software SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Economic satisfaction memiliki pengaruh negatif terhadap price sensitivity, 2) Social satisfaction memiliki pengaruh negatif terhadap price sensitivity, 3) pengaruh negatif economic satisfaction terhadap price sensitivity lebih kuat pada pelanggan perempuan, 4) pengaruh negatif social satisfaction terhadap price sensitivity lebih kuat pada pelanggan laki – laki, 5)pengaruh negatif economic satisfaction terhadap price sensitivity lebih kuat pada produk high involvement, 6) tidak ada pengaruh signifikan moderasi product involvement pada hubungan antara social satisfaction dengan price sensitivity, 7) tidak ada pengaruh signifikan moderasi customer patronage frequency pada hubungan antara economic satisfaction dengan price sensitivity, serta 8) tidak ada pengaruh signifikan moderasi customer patronage freaquency pada hubungan antara social satisfaction dengan price sensitivity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dawes, J., 2009, The effect of service price increares on customer retention : The Moderating role of customer tenure and relationship breadth, Journal of service research, vol.11 :232 – 246

Hair, J. F., W. C Black, B.J Babin, dan R.E Anderson, 2010, Multivariate Data Analysis : Seventh Edition, New York : Prentice Hall.

Low, Wen – Shinn., Jeng – Da Lee, dan Soo – May Cheng, 2013, The Link between customer satisfaction and price sensitivity : An Investigation of Relating Industry in Taiwan, Journal of Retailing and consumer services, Vol. 20 : 1 – 10

Maxwell, S., S Lee, S Anselsetter, L. B Comer , dan N Maxwell, 2009, Gender Differences in the response to unfair prices : A cross – country analysis, journal of consumer marketing, Vol. 26 : 508 - 515
Published
2018-03-01