EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL BERDASAR COSO PADA SIKLUS PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PT GERONGAN SURAJAYA DI SURABAYA

  • Erwin Krisdianto Lim Universitas Surabaya
  • Adhicipta R. Wirawan Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dari proses operasional siklus produksi PT Gerongan Surajaya melalui proses Evaluasi Pengendalian Internal berdasarkan prinsip-prinsip pada COSO (COMMITTEE OF SPONSORING ORGANIZATIONS OF TREADWAY COMMISSION) . Seperti diketahui COSO merupakan salah satu standar internasional terhadap Pengendalian Internal, sehingga dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut pada salah satu perusahaan di Indonesia akan memberikan suatu bukti adaptasi COSO terhadap perusahaan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan obyek perusahaan manufaktur spring bed. Manfaat dari penelitian ini bersifat applied research dimana terdapat permasalahan dalam perusahaan terkait proses operasional perusahaan yang kurang efisien. Sumber data yang digunakan adalah karyawan-karyawan yang berhubungan dengan siklus produksi PT Gerongan Surajaya. Metode yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip COSO pada siklus produksi PT Gerongan Surajaya ini masih terdapat kekurangan dan kelemahan yang menyebabkan terjadinya inefisiensi pada siklus produksi. Sehingga pada akhir penelitian diberikan rekomendasi untuk perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01
How to Cite
LIM, Erwin Krisdianto; WIRAWAN, Adhicipta R.. EVALUASI PENGENDALIAN INTERNAL BERDASAR COSO PADA SIKLUS PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PT GERONGAN SURAJAYA DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 14, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/132>. Date accessed: 20 nov. 2017.