KONTROL MODULAR PRODUCTION SYSTEM BERBASIS PLC SIEMENS S7-300 DENGAN MENGGUNAKAN HMI TOUCH PANEL

  • Damaris Tanojo Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 599 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1971 times
Keywords: PLC, HMI, Modular Production System, TIA Portal V12

Abstract

Pada makalah ini akan membuat sebuah aplikasi kontrol mini plant mesin industri dengan menggunakan PLC Siemens S7-300 314C 2PN/DP yang dapat dipantau dan dikontrol dengan menggunakan HMI. HMI berupa pengendali dan visualisasi status baik dengan manual maupun melalui visualisasi komputer yang bersifat real time. HMI yang digunakan adalah Siemens Touch Panel KTP600 Basic Color PN. Mesin industri yang digunakan adalah Modular Production System (MPS) 203 Fieldbus. Proses pembuatan program dan desain interface dilakukan dengan menggunakan software bawaan Siemens yaitu TIA Portal V12. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah ladder diagram. Kontrol yang dibuat adalah melakukan distribusi benda kerja dari distributing station ke testing station, pengecekan ketinggian benda kerja pada testing station, dan pemilahan benda kerja ke dalam 3 slide pada sorting station. Dengan menggunakan 40 sampel benda kerja, program dapat menghasilkan hasil akhir yang sesuai dengan masukan kombinasi dari user. Total kombinasi masukan dari user adalah 12 kombinasi. Fitur alarm berfungsi dengan baik untuk mencegah kesalahan dari sistem maupun gangguan luar. User interface yang dibuat mudah dioperasikan, tidak membingungkan, dan desain dari user interface menarik.

This paper will make an industrial machine control applications using Siemens S7-300 314C 2PN/DP that can be monitored and controlled using a HMI. HMI can be a controller and status visualization by manually or through computer visualization in real time. HMI that is used is Siemens HMI Touch Panel KTP600 Basic Color PN. Industrial machine that is used is the Modular Production System (MPS) 203 Fieldbus which consists of distributing station, testing station, and sorting station. The built process of programming and interface design is done by using Siemens TIA Portal V12 software. The programming language used is the ladder diagrams. Controls those are made are distribute the workpieces from distributing station to testing station, workpiece’s height testing in testing station, and workpiece sorting into 3 slides of sorting station. Using 40 samples of workpiece, the program can match the user input combination with its final result. Total user input combination are 12 combinations. Alarm features work well to prevent failure from system or outside interference. User interface have been made is easy to operate, not confusing, and had an interesting design.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H.Wicaksono, Unofficial Begginer’s Guide to S7-200 Siemens PLC. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013, pp. 1-3.

http://www.festo-didactic.com/int-en/learning-systems/mps-the-modular-production-system/mps-200/mps-203-fieldbus-mechatronics-and-fieldbus-technology-with-visualisation-package-and-the-mechatronics-assistant.htm?fbid=aW50LmVuLjU1
Ny4xNy4xOC44NTYuNDM1NA
Published
2015-03-01