IMPLEMENTASI FRAUD RISK MANAGEMENT UNTUK MEMINIMALKAN RISIKO KECURANGAN (FRAUD) PADA BAGIAN PRODUKSI DAN PENJUALAN PERUSAHAAN MAKANAN WANDA PUTRA KENCANA SURABAYA

  • Amanda Wijaya Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari sebab dan alasan terjadinya fraud dalam suatu badan usaha. Objek dalam penelitian ini adalah Perusahaan Wanda Putra Kencana, dimana perusahaan ini merupakan perusahaan yang memproduksi makanan. Dalam melakukan kegiatan produksi sampai penjualan pasti menemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dengan melakukan observasi dan juga wawancara dengan pemilik dan karyawan bagian produksi serta bagian penjualan dan pengiriman. Penelitian ini menunjukan indikasi adanya kecurangan (fraud). Untuk mencegah timbulnya risiko (risk) yang tidak diharapkan oleh perusahaan,maka sebaiknya perusahaan melakukan pencegahan awal. Dan diharapkan dengan adanya penerapan fraud risk management akan membantu perusahaan dalam meminimalkan kecurangan (fraud) yang ada .Penerapan fraud risk management dapat dilakukan dalam beberapa langkah,yaitu dimulai dengan menganalisis lingkungan internal badan usaha, lalu lakukan identifikasi risiko (risk) yang sering terjadi sehingga dapat dilakukan penilaian risiko dan pemetaan risiko. Dan yang terakhir yaitu bagaimana cara mengelola risiko tersebut. Pengelolaan risiko yang ada di Perusahaan Wanda Putra Kencana secara umum sudah cukup baik, yaitu dengan melakukan beberapa pengendalian secara fisik (physical control), adanya monitoring serta pemberlakukan reward and punishment telah dilakukan dilakukan oleh Perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-01
How to Cite
WIJAYA, Amanda. IMPLEMENTASI FRAUD RISK MANAGEMENT UNTUK MEMINIMALKAN RISIKO KECURANGAN (FRAUD) PADA BAGIAN PRODUKSI DAN PENJUALAN PERUSAHAAN MAKANAN WANDA PUTRA KENCANA SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 17, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1359>. Date accessed: 18 nov. 2018.