STUDI DESKRIPTIF SERVICESCAPE PADA HOTEL TUGU MALANG MENURUT PERSEPSI WISATAWAN DOMESTIK

  • Amanda Nathania Jurusan Peminatan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 167 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 175 times
Keywords: Jasa, Persepsi, Servicescape

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan persepsi wisatawan domestik terhadap servicescape pada Hotel Tugu Malang yang diukur melalui 3 dimensi yaitu Ambient Conditions, Spatial Layout and Functionality, Signs, Symbols, and Artifacts. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dan sumber data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder melalui media internet.Penelitian ini menggunakan karakteristik populasi yaitu wisatawan domestik yang pernah menginap di hotel Tugu Malang dalam satu tahun terakhir. Metode pengolahan data yang digunakan adalah mean, deviasi standar, diagram batang dan tabulasi silang yang dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows 16.00. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling.Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Servicescape yang dimiliki oleh Hotel Tugu Malang dinilai baik oleh wisatawan domestik karena nilai mean terhadap keseluruhan servicescape pada hotel ini adalah sebesar 3,67 yang diperoleh dari rata-rata nilai mean dimensi ambient conditions sebesar 3,62, dimensi spatial layout and functionality sebesar 3,67, dan dimensi signs, symbols, and artifacts sebesar 3,71. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-01