PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI PADA PT. SIK DI KRIAN SIDOARJO

  • Cahyo Wibowo Jurusan Manajemen Jejaring Bisnis Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

PT SIK adalah perusahaan yang memproduksi beton ringan seperti bata ringan dan panel lantai. Pada periode Agustus, September, Oktober dan November 2012 perusahaan tidak mampu memenuhi permintaan konsumen akan bata ringan karena jumlah produk jadi dengan jumlah permintaan tidak sesuai. Pencapaian kapasitas produksi menjadi penting dalam memenuhi permintaan pasar. Peningkatan permintaan yang terjadi sewaktu-waktu, membuat PT SIK membutuhkan perencanaan kapasitas agar dapat memenuhi lonjakan permintaan. Metode pengukuran kerja yang digunakan adalah stop watch time study. Cara yang digunakan adalah mengambil sample waktu dalam tiap proses produksi. Perhitungan kapasitas dimulai dari uji kecukupan dan keseragaman data, mengukur standar waktu kerja dan line balancing. Dari hasil rancangan dapat dilihat bahwa kapasitas yang efektif dapat dikerjakan dalam 6 work station dari hasil line balancing dengan efisiensi 79,99% dan idle capacity sebesar 20,01%. Jumlah bata ringan yang dapat dihasilkan setiap hari per lini rata-rata sebesar 157 unit dan memiliki kelebihan jumlah tenaga kerja sebanyak 16 orang yang terbagi dalam 3 shift.Hal yang harus dilakukan oleh PT SIK adalah menambah mesin separating untuk menggantikan kinerja karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D.W., 2009, Manajemen Operasi Jasa, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Barnes, Ralph M., 1980, Motion and Time Study Design and Measurement of Work, 7th edition, New York : John Wiley and Sons.

Bedworth, David D., 1982, Integrated Production and Planning Control, Canada : John Wiley and Sons, Inc.

Black Stone, J.H.,1989, Capacity Management, Cincinati-Ohio: South Western Publishing Co

Buffa, E.S., 2006, Manajemen Operasi dan Produksi Modern, Edisi 8, Jilid 2, Jakarta: Binarupa Aksara.

Heizer, Jay, 2004, Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay, dan Barry Render, 1999, Operation Management, 5th edition, International Edition, Prentice Hall International, Inc.

Schroeder, R.G., 1994, Manajemen Operasi : Pengambilan Keputusan Dalam Suatu Fungsi Operasi, Jilid 1, Edisi 3, Jakarta: Erlangga.

Wignjosoebroto, Sritomo., 2003, Ergonomic, Studi Gerak dan Waktu, Edisi 1, Cetakan Ketiga, Surabaya: Guna Widya www.bps.go.id (diunduh pada tanggal 18 Maret 2013)
Published
2014-09-01
How to Cite
WIBOWO, Cahyo. PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI PADA PT. SIK DI KRIAN SIDOARJO. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 14, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1421>. Date accessed: 19 nov. 2018.