STUDI DESKRIPTIF PERILAKU KONSUMEN PASHMINA IMPOR DI SURABAYA

  • Irena Sastaviyana Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Indarini Indarini Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Christina R. Honantha Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi serta tindakan yang dilakukan setelah membeli dan menggunakan pashmina impor di Surabaya.  Perilaku konsumen tersebut mencakup Who is buyer, What they buy, Who influence their buying, Why they buy, Where they buy, When they buy, How often they use, How they know about the product, How they evaluated it after purchase, How they dispose after the purchase. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang pernah membeli dan menggunakan pashmina impor minimal memiliki 3 buah pashmina impor dalam kurun waktu 1 tahun disurabaya.  Metode yang digunakan untuk pengolahan data dalam penelitian ini adalah tabel frekuensi, tabel histogram dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen pengguna pashmina impor sebagian besar berusia 21 -35 tahun, berstatus menikah, dengan tingkat pendidikan terakhir D3 – S1 dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Berdasarkan hasil dari tampilan data diketahui bahwajenis bahan yang sering dibeli oleh konsumen di Surabaya adalah cotton polyester. Pihak yang paling  mempengaruhi konsumen adalah keluarga. Mayoritas konsumen membeli karena motif pashmina impor unik dan tidak pasaran. Konsumen paling banyak membeli pashmina impor di online shop. Sumber Informasi utama konsumen mengetahui mkoleksi terbaru melalui social media. Dengan frekuensi pembelian 3 – 5 kali dalam setahun, sebagian besar konsumen menyatakan puas. Dari evaluasi kepuasan konsumen diketahui ada konsumen yang menyatakan cukup puas dan ada pula konsumen yang merasa tidak puas setelah membeli dan menggunakan pashmina impor. Mayoritas responden akan tetap menyimpan atau memberikan kepada keluarga atau orang lain apabila sudah merasa bosan dengan pashmina yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basu Swastha Dhrammesta & T. Hani Handoko Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen 2000., BFP-Yogyakarat.

Leon G. Schiffman & Leslie Lazar Kanuk 2007 Consumer Behavior , 9th ed., Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 07458

Michael R. Solomon 2007 Consumer Behavior : buying, having and being , 7th ed., Pearson Education. Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 07458

Michael R. Solomon 2011 Consumer Behavior : buying, having and being , 6th ed., Pearson Education. Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 07458

Philip Kotler & Gary Armstrong 2007 Principles of Marketing , 8th ed., Global Edition., Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 07458

Philip Kotler & Kevin Lane Keller 2009 Marketing Management , 13th ed., Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 07458

Philip Kotler & Gary Armstrong 2010 Principles of Marketing , 13th ed., Global Edition., Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 07458

Philip Kotler & Gary Armstrong 2011 Principles of Marketing , 13th ed., Global Edition., Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 07458
Published
2014-09-01
How to Cite
SASTAVIYANA, Irena; INDARINI, Indarini; HONANTHA, Christina R.. STUDI DESKRIPTIF PERILAKU KONSUMEN PASHMINA IMPOR DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 19, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1457>. Date accessed: 21 nov. 2018.