HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN FLOW AKADEMIK

  • Karolina Arif Universitas Surabaya

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan motif yang mengarahkan perilaku individu pada tujuan yang diinginkan (Dias & Zulkaida, 2008). Flow akademik merupakan suatu keadaan individu yang dapat fokus, menikmati serta ada dorongan dari dalam dirinya untuk mengerjakan tugas akademik (Yuwanto, 2011). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan flow akademik melalui Temporal Motivation Theory (TMT). Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah PAU Fakultas Psikologi Universitas Surabaya sebanyak 128 orang. Data yang diperoleh menggunakan skala Achievement Motivation (AMI), The FLow Inventory for Student (LIS) dan Steel Procrastination Scale (SPS). Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara motivasi berprestasi dan flow akademik (r = .416, p = .000). Namun TMT tidak dapat menjadi jembatan untuk menghubungkan motivasi berprestasi dan flow akademik. Hal ini disebabkan karena masih terdapat korelasi yang memadai antara motivasi berprestasi dan flow akademik dengan mengontrol aspek-aspek TMT.

Published
2013-03-01
How to Cite
ARIF, Karolina. HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN FLOW AKADEMIK. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 12, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/146>. Date accessed: 24 sep. 2017.