STUDI DESKRIPTIF DESTINATION IMAGE BANDUNG MENURUT PERSEPSI WISATAWAN DOMESTIK YANG TINGGAL DI SURABAYA

  • Andhy Wiradinata Jurusan Peminatan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri terbesar yang paling berpengaruh di dunia. Pariwisata berkembang menjadi industri pariwisata baik antar daerah atau negara. Kunjungan wisatawan mancanegara di Jawa Barat terbesar kedua setelah pulau dewata Bali. Sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung merupakan kota metropolitan terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya dengan jumlah objek wisata terbanyak di provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan domestik asal Surabaya terhadap destination image Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di Bandung dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Identitas responden dan deskripsi jawaban responden diuji dan diolah menggunakan program IBM SPSS Statistic version 18.0. Dari hasil penelitian dapat diartikan bahwa wisatawan domestik asal Surabaya memiliki persepsi yang positif terhadap destination image di Bandung. Total rata-rata tertinggi adalah Attraction Dimensions dan rata-rata terendah adalah Infrastructure Dimensions. Berdasarkan pada elemen yang memiliki nilai tertinggi adalah pernyataan bahwa Bandung memiliki fasilitas belanja yang baik, sedangkan untuk rata-rata terendah ada pada pernyataan bahwa Bandung memiliki kualitas infrastruktur yang baik (Jalan, Bandara, dan Fasilitas Umum).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Byon, Kevin K. and Zhang, James J. (2010). “Development of a scale measuring destination image”, p. 508-532.

Echtner C.M., Ritchie J.R., 1993, “The Measurement of Destination Image: An Empirical Assesment”, Journal of Travel Research 31: 3-13

Soekadijo, Anatomi Pariwisata, Gramedia Pustaka Utama, Cetakan Pertama, Jakarta, 1996.

Ross, Glenn F., Psikologi Pariwisata, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1994.

Spillane, James J., Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Proyeknya, Kasinius, Cetakan Ketiga, Yogyakarta, 1987.

Kotler, P, John T. Bowen and James C. Makens, Marketing For Hospitality and Tourism, Fifth Edition, Upper Pearson Education, 2010.

Priyatno, Duwi., Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20, ANDI Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.

Nugroho, Anton, Yohanes., I’ts Easy Olah Data Dengan SPSS, Skripta Media Creative, Cetakan Pertama, Klaten, 2011.
Published
2014-09-01
How to Cite
WIRADINATA, Andhy. STUDI DESKRIPTIF DESTINATION IMAGE BANDUNG MENURUT PERSEPSI WISATAWAN DOMESTIK YANG TINGGAL DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 10, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1462>. Date accessed: 21 nov. 2018.