MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK TRADISIONAL KOLINTANG

  • Timotius Norman Andriono Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Alat musik tradisional kolintang merupakan salah satu warisan budaya Nusantara asal Sulawesi Utara, yang mulai tergeser oleh musik – musik luar negeri. Berdasarkan survei yang dilakukan, banyak anggota masyarakat khususnya generasi muda yang tidak mengerti cara memainkan bahkan tidak mengetahui seperti apa kolintang itu. Minat masyarakat untuk mengenal dan mempelajari kolintang pun semakin berkurang karena kesibukan, mahalnya alat yang dibutuhkan untuk belajar, kurangnya sarana untuk belajar alat musik tersebut dan banyak yang beranggapan kolintang merupakan alat musik yang kuno dan tidak menarik. Berdasarkan masalah dan kebutuhan yang ada, dibuat sebuah aplikasi multimedia interaktif untuk memperkenalkan, memberikan informasi, serta memberikan pengalaman bermain kolintang secara virtual kepada masyarakat Indonesia. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan adobe flash dan hasil akhir dari aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat android. Pembuatan aset pada aplikasi ini mencakup gambar 2D yang dibuat menggunakan software adobe photoshop dan illustrator, gambar 3D yang dibuat menggunakan software 3DS Max, dan beberapa software lain seperti adobe premiere untuk video dan cockos reaper untuk sample suara. Aplikasi ini memungkinkan user untuk mengetahui sejarah kolintang yang disampaikan dalam bentuk animasi singkat, melihat kolintang yang disajikan dalam bentuk 3D 360 derajat, melihat cara memegang pemukul kolintang dengan benar dalam sudut 360 derajat, mengetahui cara bermain kolintang dengan sebuah contoh lagu, dan dapat mencoba bermain kolintang secara virtual. Aplikasi ini telah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan mengujicobakan aplikasi kepada target pengguna serta membagikan kuesioner. Respon yang didapatkan positif, informasi dan visualisasi yang disajikan dalam aplikasi ini sangat jelas bagi pengguna, dan timbul rasa ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang kolintang. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat untuk semakin tertarik dalam mengenal dan memahami alat musik tradisional kolintang.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cantrell, C. (2009). Multitouch and Gesture Support on the Flash Platform [internet]. Tersedia dari : http://www.adobe.com/devnet/flash/articles/multitouch_gestures.html#articlecontent
Adobe_numberedheader_1. [Diakses pada 26 April 2014].

Elsom-Cook, M. (2001). Principles of Interactive Multimedia. McGraw-Hill, Berkshire.

Green, T., and Brown, A. (2002). Multimedia Projects In The Classroom. London: Sage Publication Ltd.

Hofstetter, F.T. (2001). Multimedia Literacy. Third Edition. McGraw-Hill International Edition, New York.

Kaseke, P. (2013). Buku Panduan Kolintang [internet]. Tersedia dari : http://www.kolintang.co.id. [Diakses pada tanggal 2 Oktober 2013].

Mifflin, H. (2012). The American Heritage Dictionary : Fifth Edition, Houghton Mifflin Company.

Rachmat, A. dan Roeswanto, A. (2005/2006). Dasar Multimedia, Andi, Bandung.

Raskin, J. (2000). The Humane Interface. Addison Wesley.

Shneiderman, B., and Plaisant, C. (2010). Designing the User Interface : Strategies for Effective Human – Computer Interaction , 5th Edition. Addison Wesley Longman, Inc, USA.

Wahono, R.S. (2007). Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran. Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas, Jakarta.
Published
2014-09-01
How to Cite
ANDRIONO, Timotius Norman. MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK TRADISIONAL KOLINTANG. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 11, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1478>. Date accessed: 15 dec. 2018.