PEMBUATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN VENDOR ACARA PERNIKAHAN MENGGUNAKAN METODE MULTI –ATTRIBUTE GLOBAL INFERENCE OF QUALITY (MAGIQ)

  • Robby Setiadi Guntoro Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Pernikahan merupakan suatu proses sakral yang berpengaruh dalam kehidupan manusia baik secara ekonomi, psikologis, social dan kesehatan. Dalam budaya Indonesia, pernikahan merupakan tradisi umum yang dilakukan dan disahkan secara hukum dan agama apabila seorang penduduk telah mencapai usia dewasa dan siap membina rumah tangga. Dalam memenuhi tradisi tersebut, persiapan pernikahan merupakan proses penting dalam tahap pernikahan. Selama proses persiapan pernikahan, pasangan perlu mencari informasi terkait hal-hal yang dibutuhkan dalam pernikahan nantinya. Informasi seputar persiapan pernikahan sangat beragam dan banyak vendor acara pernikahan yang menawarkan berbagai fasilitas dengan harga masing-masing. Proses pengumpulan informasi tersebut membutuhkan banyak waktu dan tenaga sehingga pasangan perlu mempersiapkan waktu dan tenaga khusus diluar kesibukan sehari-hari untuk persiapan pernikahannya. Aplikasi sistem pendukung keputusan dibuat untuk membantu pasangan memperoleh informasi mengenai persiapan pernikahan sekaligus membandingkan informasi yang didapat dengan memperhatikan faktor-faktor penting yang diutamakan pasangan tersebut dalam pernikahannya. Dari sekian banyak hal yang akan dipersiapkan dalam pernikahan, setiap pasangan memiliki kriteria utama masing-masing yang disesuaikan dengan budget pernikahan, sistem pendukung keputusan dapat membantu mengurutkan vendor dan fasilitas yang sesuai dengan prioritas faktor pernikahan kebutuhan masing-masing pengguna.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rosadtea. 2011. Perlunya Web Komunitas Event Organizer. http://rosadtea.blogspot.com/2011/02/perlunya-web-komunitas-event- organizer.html : INTERNET. dikutip pada tanggal 10 November 2013.

McCaffrey, J; Koski, N. 2006. Competitive Analysis Using MAGIQ. http://msdn.microsoft.com/en-us/magazine/cc300812.aspx : INTERNET. dikutip pada tanggal 20 November 2013.

Roosadhy, Fibie. 2010. Multi-Attribute Global Inference of Quality. http://digilib.ittelkom.ac.id/index.php?view=article&catid=6%3Ainternet&i d=721%3Amulti-attribute-global-inference-of- quality&tmpl=component&print=1&page=&option=com_content&Itemid= 14 : INTERNET. dikutip pada tanggal 20 November 2013.

Syafrizal, Melwin. 2012. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System). http://www.academia.edu/912891/SISTEM_PENDUKUNG_KEPUTUSAN _DECISION_SUPPORT_SYSTEM_I : INTERNET. dikutip pada tanggal 20 November 2013.

WIKIPEDIA. 2014. Alexa Internet. http://en.wikipedia.org/wiki/Alexa_Internet : INTERNET. dikutip pada tanggal 15 Februari 2014.

Suryadi, K; Ramdani, A. 2002. Sistem Pendukung Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.
Published
2014-09-01
How to Cite
GUNTORO, Robby Setiadi. PEMBUATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN VENDOR ACARA PERNIKAHAN MENGGUNAKAN METODE MULTI –ATTRIBUTE GLOBAL INFERENCE OF QUALITY (MAGIQ). CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 11, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1488>. Date accessed: 19 nov. 2018.