HUBUNUGAN ANTARA BRAND IMAGE DAN BRAND LOYALTI AIR MINERAL DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK AQUA

  • Novia Martha Lieusbun Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Abstract

Semakin rendahnya kualitas air sumur dan semakin menurunnya PDAM untuk memasok air minum yang berkualitas dan aman untuk kesehatan, mengakibatkan masyarakat mengkonsumsi AMDK. Banyak merek AMDK yang beredar di masyarakat, salah satunya Aqua. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah brand image memengaruhi brand loyalty pada AMDK merek Aqua. Teknik pengukuran dilakukan secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner atau angket. Subjek pada penelitian ini adalah 300 orang masyarakat yang tinggal di Surabaya Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling, yaitu siapa saja baik laki-laki maupun perempuan yang ditemui, dan pernah mengkonsumsi AMDK merek Aqua minimal 3x dalam sebulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh terhadap brand loyalty ebesar 16%, sedangkan 84% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Brand image terdiri dari 3 aspek pembentuknya, yaitu strength of brand association, favorability of brand association, dan uniqueness of brand association. Berdasarkan penelitian ini, aspek favorability yang memiliki nilai paling tinggi, karena adanya kebutuhan subjek akan kualitas air minum yang baik yang diberikan oleh Aqua, sehingga subjek memperoleh hasil yang positif yang membuat subjek melakukan pembelian ulang terhadap Aqua. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D., A. (1991). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York: The Free Press.

Boer, K., M. (2011). Kesuksesan CSR Aqua Danone, kuatkan branding sebagai market leader air minum dalam kemasan (AMDK). Diunduh 13 Juni, 2013, dari http://rodadokar.blogspot.com/2011/12/kesuksesan-csr-aqua-danone-kuatkan.html

Erwanto. (2005). Analisis sensitivitas harga dan loyalitas konsumen terhadap air minum dalam kemasan (AMDK) di kota Bogor. Skripsi, tidak diterbitkan. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Keller, K. (2008). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (3rd edition). New Jersey: Prentice Hall.

Suwismo, A. (2012). Persaingan industri air minum kemasan makin ketat. Diunduh 7 Juni, 2013, dari http://www.indonesiafinancetoday.com/read/33318/Persaingan-Industri-Air-Minum-Kemasan-Makin-Ketat.
Published
2014-03-01
How to Cite
LIEUSBUN, Novia Martha. HUBUNUGAN ANTARA BRAND IMAGE DAN BRAND LOYALTI AIR MINERAL DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK AQUA. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 6, mar. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1516>. Date accessed: 21 may 2019.