STUDI DESKRIPTIF: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDASARI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH RESTORAN BENTOYA DI GALAXY MALL SURABAYA

  • Audrey Natallya Tanudjaja Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendasari keputusan konsumen dalam memilih restoran Bentoya di Galaxy Mall Surabaya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Analisis Faktor dengan software SPSS for Windows 18.00. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Data diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tujuh faktor yang terbentuk yang mendasari keputusan konsumen dalam memilih restoran Bentoya di Galaxy Mall Surabaya, yaitu faktor lingkungan, faktor sosial, faktor keluarga, faktor psikologis, faktor kelompok acuan, faktor personal, dan faktor kebudayaan. Faktor lingkungan merupakan faktor dominan yang mendasari keputusan konsumen dalam memilih restoran Bentoya di Galaxy Mall Surabaya karena memiliki nilai varians terbesar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gonius, Natalia, 2013, Studi Deskriptif Tentang Customer Complaints di Restoran Wok Noodles di Galaxy Mall Surabaya, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2 No.1.

Hilmi, 2010, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Restoran Paparon Pizza di Kota Lhokseumawe, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.9 No.2.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, 2006, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevil Lane, 2008, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Lovelock, C., Writz J., Keeh H.T., dan Lu X., 2005, Service Marketing In Asia, Second Edition, Prentice Hall.

Murwani, Endah, 2012, Eating Out Makanan Khas Daerah: Komoditas Gaya Hidup Masyarakat Urban, Working Paper, Universitas Multimedia Nusantara.

Nugroho, Bhuono Agung, 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta, Penerbit Andi.
Published
2014-03-01
How to Cite
TANUDJAJA, Audrey Natallya. STUDI DESKRIPTIF: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDASARI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH RESTORAN BENTOYA DI GALAXY MALL SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 14, mar. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1524>. Date accessed: 20 may 2019.