IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK HANGER, MANEKIN, DAN TORSOBODY ¾ DENGAN METODE STATISTIK PADA CV. X SURABAYA

  • Roshed Gesti Arimbie Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Juliani Dyah Trisnawati Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • A. Budiman Setyawan Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 94 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 69 times
Keywords: CV. X, Pengendalian Kualitas, Metode Statistik

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna memberikan implementasi mengenai pengendalian kualitas pada produk yang dihasilkan dan informasi mengenai masalah kecacatan yang terjadi pada CV. X, untuk mengurangi jumlah kecacatan perlu dilakukan pengendalian kualitas.  Penelitian ini menggunakan pengendalian kualitas dengan metode statistik. Alat-alat pengendalian kualitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Check sheet, Diagram Pareto, Peta kendali p (p-chart), Diagram sebab-akibat, serta tabel FMEA (Failure Mode Effect Analysis).  Menurut hasil penelitian yang menggunakan alat-alat kendali kualitas menunjukkan bahwa produksi hanger, manekin, dan torsobody ¾ masih berada diluar batas kendali. Sehingga perlu dilakukan tindakan lanjutan, seperti menggunakan check sheet agar perusahaan dapat mencatat jumlah jenis cacat yang terjadi. Diagram pareto digunakan untuk melihat seberapa besar proporsi kecacatan yang terjadi pada CV. X sehingga perusahaan dapat melakukan penanganan sesegera mungkin. Tabel FMEA yang mengacu pada diagram sebab-akibat diperlukan untuk memberikan solusi terhadap perusahaan, seperti memperbaiki kondisi ruangan tempat kerja, memperketat pengawasan, menetapkan standar perusahaan, mengganti mesin yang sudah tua. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, Dorothea W., Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif Dalam Manajemen Kualitas), Penerbit Andi, Yogyakarta, 2004

Besterfield, Dale H., Quality Control 4th Edition, Prentice Hall International, New Jersey, 1994.

Durwar K, dan Art Smalley, Understanding A3 Thinking; A Critical Componentof Toyota PDCA Management system, Taylor & Francis, 2008

Gaspersz, Vincent., Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2005

Gaspersz, Vincent., Statistical Process Control. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 1998.

Ishikawa, Kaoru,. Teknik Penuntun Pengendalian Mutu, Edisi Pertama, Penerbit PT. Mediatama Sarana Perkasa, Jakarta, 1989.

Levine, P.P. Ramsey, dan Mark L., Business Statistics for Quality and Produktivity, Prentice-Hall, Inc, New Jersey, 1995.

Montgomery, Douglas C,. e-book Introduction to Statistical Quality Control. Sixth edition. Arizona State University. John Wiley & Sons, Inc. United States of America. 2009.

Mitra, Amitava, Fundamental Of Quality Control and Improvement, Macmillan Publishing Company, New York, 1993.

Rath & Strong, Six Sigma Advance Tools Pocket Guide, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2005.
Published
2014-03-01