RANCANGAN KAIZEN PADA TOKO WELLY MOTOR KECAMATAN TANAH GROGOT

  • Thelisa Thelisa Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 243 times
Keywords: Kaizen, 5S, Metode Therblig, Analisis unit kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan kaizen pada Toko Welly Motor yang merupakan toko ritel sparepart. Dalam aktivitasnya Toko Welly Motor kurang memiliki kesadaran dalam memperhatikan peluang perbaikan dari lingkungan kerjanya sehingga dapat menyebabkan masalah seperti tidak adanya tujuan dan arahan yang membentuk motivasi kerja, keadaan ruangan yang tidak rapi, keamaan dan keselamatan kerja terancam, dan tidak adanya kesadaran pekerja terkait perbaikan. Cara menyelesaikan masalah yang terjadi adalah dengan merancangkan Kaizen pada Toko Welly Motor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode kaizen. Metode kaizen yang dirancang terdiri dari 6 langkah. Tahap pertama menemukan potensi perbaikan dengan mengidentifikasi hal yang dapat menimbulkan masalah. Tahap kedua menganalisis metode yang digunakan saat ini dengan analisis unit kerja. Tahap ketiga mencetuskan ide perbaikan dengan proses brainstorming. Tahap keempat dilakukan perumusan visi dan misi, rancangan 5S (pemilahan, penataan, pembersihan, pemantapan, dan pembiasaan), perbaikan gerakan kerja dengan metode Therblig, dan penghapusan kerja menunggu proses mesin (komputer dan mesin cetak). Tahap kelima merancangkan langkah dalam mengkomunikasikan, mengarahkan, memotivasi, dan memberdayakan karyawan untuk melaksanakan rancangan. Tahap keenam dirancangkan dengan pembuatan jadwal forum diskusi untuk evalusi dan membuat rancangan perbaikan terus-menerus dari hasil evaluasi.  Manfaat rancangan ini bagi Toko Welly Motor adalah memberikan kesadaran terhadap peluang perbaikan yang selalu ada, meningkatkan produktifitas kerja, efisiensi waktu, profit, keselamatan dan kesehatan kerja, serta memperoleh kepercayaan dari konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brunet, Adam Paul., Steve New. 2003. Kaizen in Japan: an empirical study. http://www.emeraldinsight.com/researchregister. 17 Agustus 2013

Imai, Masaaki. Penerjemah: Mariani Gandamihardja. 2001. Kaizen (ky’zen): Kunci Sukses Jepang Dalam Persaingan. Jakarta: Penerbit PPM

Karkoszka, T., J. Honorowicz. 2009. Kaizen philosophy a manner of continuous improvement of processes and products. http://www.journalamme.org. 17 Agustus 2013

Kato, Isao., dan Art Smalley. Penerjemah: Slamat Parsaoroan Sinambela dan Sih Gagas. 2012. Toyota Kaizen Method - 6 Langkah Perbaikan. Yogyakarta: Gradien Mediatama

Khan, Imran Ahmad. 2011. KAIZEN : The Japanese Strategy for Continuous Improvement. www.visualsoftindia.com/journal.html. 18 Agustus 2013.

Listiani, Teni. 2010. Implementation of “5S” Concept in Creating Ergonomic Work Environment at STIA LAN Bandung. http://www.stialanbandung.ac.id/index.php.15 Agustus 2013

Mukaromah, Septina. 2009. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Produktivitas Karyawan Pada CV Codo Wajak Malang. http://lib.uin-malang.ac.id/. 17 Agustus 2013

Riyanjaya, Achmad Arif. 21 Apr 2013. Pengaruh Budaya Kaizen dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja BMT Syariah Sejahtera Ngembal Bae Kudus. http://jurnal-sosioekotekno.org/article. 17 Agustus 2013

Septaviani, Rima. 2012. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Praktik 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsi, Shitsuke) pada Mekanik Bengkel Sepeda Motor X Kota Semarang. http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/jkm. 15 Agustus 2013

Susanto, Agus. 2013. Membangun Mental Kaya ala Jepang. Surabaya: Pena Semesta

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi.2. Jakarta: Salemba Empat

Wellington, Patricia. Alih Bahasa: Drs. Alexander Sindoro. 1998. Strategi Kaizen untuk Kepedulian pada Pelanggan. Batam: Interaksara.
Published
2014-03-01