STUDI DESKRIPTIF PERILAKU KONSUMEN TRADING CARD GAME DI SURABAYA

  • Ricco Kurniawan Tanejo Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Permainan dewasa ini semakin berkembang dengan adanya jenis-jenis permainan yang semakin beragam, salah satunya adalah permainan kartu yang disebut Trading Card Game. Permainan ini dimainkan oleh berbagai kalangan baik dari segi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan anggaran yang disediakan. Hal ini memungkinkan timbulnya keberagaman perilaku konsumen Trading Card Game di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumen Trading Card Game di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode Tabulasi Silang, yang dibagi berdasarkan jenis Trading Card Game dan identitas responden. Objek penelitian ini adalah konsumen Trading Card Game di Surabaya dengan lingkup bahasan meliputi apa yang hendak mereka beli, siapa yang membeli, mengapa mereka membeli, bagaimana mereka tahu, dimana mereka membeli, siapa yang mempengaruhi mereka, kapan mereka membeli, seberapa sering mereka membeli, seberapa sering mereka memakai, dan bagaimana mereka mengevaluasinya.Hasil penelitian menunjukkan adanya keberagaman perilaku konsumen Trading Card Game di Surabaya. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh pihak developer untuk dapat lebih memuaskan konsumen Trading Card Game baik secara langsung maupun tidak langsung yang terkait pada seluruh elemen perilaku konsumen yang diteliti hingga pada tahap puas atau tidak. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anandya Dudi dan Heru Suprihadi, 2005, Riset pemasaran Prospetif dan terapan, Bayumedia, Malang

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Principles of Marketing, Pearson Education, New Jersey

Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, dan Carl Mc Daniel, 2011, Pemasaran, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Kanuk, 2000, Consumer Behavior, Seventh Edition, Prentice Hall International Edition, Englewood Cliff, New Jersey

www.toycityonline.com diunduh pada hari Sabtu, 28 September 2013

www.hobbyindo.com, diunduh pada hari Sabtu, tanggal 28 September 2013

www.starcitygame.com, diunduh pada hari Sabtu, tanggal 29 September 2013

www.hobbyindo.com, diunduh pada hari Sabtu, tanggal 29 September 2013
Published
2014-03-01
How to Cite
TANEJO, Ricco Kurniawan. STUDI DESKRIPTIF PERILAKU KONSUMEN TRADING CARD GAME DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 13, mar. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1542>. Date accessed: 19 aug. 2019.