MEKANISME PEMBENTUKAN DAN KEKHUSUSAN KOMUNITAS MEREK MERCEDES BENZ TIGER JAWA TIMUR

  • Cahyani Isniawati Chandra Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi-informasi secara mendalam mengenai mekanisme terbentuknya dan kekhususan dari komunitas merek Mercedes Benz Tiger Club Jawa Timur (MTC Jatim) serta menggunakan temuan-temuan penelitian dari Muniz dan O‟Guinn (2001) sebagai panduan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah ethnography yang menempatkan peneliti sebagai bagian dari komunitas merek tersebut. Sebanyak sepuluh informan yang terdiri dari pengurus dan anggota aktif akan diwawancara. Setelah diperoleh hasil wawancara kemudian dilakukan serangkaian proses untuk menetapkan kategori sentral (selective coding), diantaranya adalah transkrip wawancara, open coding, dan axial coding. Melalui penelitian ini, diketahui bahwa komunitas merek yang mulai dirintis sejak tahun 2003 dan disahkan pada tahun 2005 ini, consciousness of kind atau sense of belonging para anggotanya masih kurang, baik terhadap Tiger maupun komunitas. Hal ini bisa diketahui dari perbandingan antara jumlah anggota yang terdaftar dengan jumlah anggota yang aktif mengikuti kegiatan-kegiatan komunitas. Kurang dari setengah jumlah total anggota terdaftar yang aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan maupun diikuti oleh MTC Jatim. Selain itu, juga banyak anggota yang tidak lagi memperpanjang keanggotaannya dengan alasan Tiger terjual. Jika benar-benar mencintai Tiger maupun MTC Jatim, anggota tersebut pasti segera mencari Tiger baru dan tidak sampai keluar dari MTC Jatim. Oleh karena MTC Jatim pusat pembentukannya ada pada merek Mercedes Benz Tiger, maka lemahnya consciousness of kind (sense of belonging) ini dapat diperkuat dengan sering mengadakan touring, show, ataupun kegiatan lainnya yang bisa menumbuhkan kebanggaan pemilik terhadap Tigernya. Consciousness of kind (sense of belonging) juga bisa diperkuat dengan menciptakan suasana internal yang nyaman, tidak ada gap atau kelompok, dan juga tidak ada yang bersikap seolah-olah dirinya adalah bos. Ragam usia dan latar belakang para anggota MTC Jatim sangat bervariasi, sehingga untuk bisa „menyentuh‟ hati seluruh anggotanya perlu pendekatan yang berbeda-beda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David A., 1996, Building Strong Brands, The Free Press.

Algesheimer, René, Utpal M. Dnolakia, dan Andreas Herrmann, 2005, The Social Influence of Brand Community: Evidence from European Car Clubs, Journal of Marketing, Vol. 69: 19-34.

Bender, Thomas, 1978, Community and Social Change in America, Rutgers University Press.

Durkheim, Émile, 1893, The Division of Labor in Society, The Free Press.

Efferin, Sujoko, 2010, Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif-Interpretif di Bidang Akuntansi, Proc. Kolokium dan Seminar Nasional Program M.Si dan Doktor, Universitas Gadjah Mada, p. 1-10.

Efferin, Sujoko, Stevanus Hadi Darmadji, dan Yuliawati Tan, 2008, Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, Cetakan Pertama, Graha Ilmu.

Herdiansyah, Haris, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika.

Kusumasonjaya, Sony, 2005, Brand Community: Strategi Penciptaan Customer Value melalui Hubungan Emosional antara Merek dan Pelanggannya, Majalah Ekonomi, Tahun XV, No.3, Desember 2005, p. 315-326.

McMillan, David W., dan David M. Chaviz, 1986, Sense of Community: A Definition and Theory, Journal of Community Psychology, Vol. 14: 6-22.

Muniz, Albert M., Jr., dan Thomas C. O‟Guinn, 2001, Brand Community, Journal of Consumer Research, Vol. 27: 412-432.

Neuman, W. Lawrence, 2000, Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, 4th Edition, Allyn and Bacon, A Pearson Education Company.

Swa, 2010, Survei Komunitas 2010: Strategi Bisnis dan Komunitas Karyawan, 24 November 2010, p. 68-71

Thompson, Scott A., dan Rajiv K. Sinha, 2008, Brand Communities and New Product Adoption: The Influence and Limits of Oppositional Loyalty, Journal of Marketing, Vol. 72: 65-80.
Published
2014-03-01
How to Cite
CHANDRA, Cahyani Isniawati. MEKANISME PEMBENTUKAN DAN KEKHUSUSAN KOMUNITAS MEREK MERCEDES BENZ TIGER JAWA TIMUR. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 42, mar. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1565>. Date accessed: 20 may 2019.