PENYEBAB KESENJANGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN PERILAKU TERKAIT DIABETES MODIFIABLE RISK FACTORS PADA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS SURABAYA

  • Nathasya Cindrawati Universitas Surabaya

Abstract

Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang menjadi masalah global, sehingga diperlukan upaya-upaya yang tepat untuk mencegah sebelum terkena penyakit diabetes (pencegahan primer). Mahasiswa farmasi telah dibekali dengan pengetahuan kesehatan, termasuk mengenai upaya pencegahan DM. Namun, dari hasil penelitian Cahyadi (2012), terlihat bahwa mahasiswa farmasi memiliki faktor risiko terkait DM yang lebih tinggi dibanding mahasiswa psikologi. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang Penyebab Kesenjangan Antara Pengetahuan dan Perilaku Terkait Diabetes Modifiable Risk Factors Pada Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan menggunakan mahasiswa Fakultas Farmasi yang menjadi sampel penelitian sebelumnya. Hasil yang didapat dianalisis secara deskriptif. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa mahasiswa farmasi mengetahui apa yang harus dilakukan sebagai upaya pencegahan primer DM, namun tidak dapat menerapkannya karena kepadatan perkuliahan yang dijalani. Lebih dari 50% partisipan dari tiap semester menyatakan jadwal kuliah yang padat membuat mereka tidak dapat makan secara teratur dari segi waktu dan tidak dapat berolah raga secara teratur.

Published
2013-03-01
How to Cite
CINDRAWATI, Nathasya. PENYEBAB KESENJANGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN PERILAKU TERKAIT DIABETES MODIFIABLE RISK FACTORS PADA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 18, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/158>. Date accessed: 23 july 2017.