OPINI APOTEKER DAN PASIEN TERHADAP PERAN APOTEKER DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KOTA MERAUKE

  • Deasy Abraham Thoe Universitas Surabaya

Abstract

Peran dan tanggung jawab apoteker terus berkembang dari tahun ke tahun, dari pengelolaan obat sebagai komoditi (drug oriented) menjadi pelayanan yang komprehensif yang berorientasi kepada pasien (patient oriented). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana opini apoteker dan pasien dalam peran dan tanggung jawab tenaga kesehatan, dalam hal pelayanan yang telah dilakukan oleh apoteker di apotek, dan opini pasien mengenai ketrampilan apoteker dalam memberikan pelayanan kefarmasian. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan responden apoteker dan pasien di apotek kota Merauke. Terdapat 142 responden yang terdiri dari 14 apoteker dan 128 pasien yang bersedia ikut serta dalam penelitian. Dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu : 1) apoteker beropini bahwa pelayanan terkait obat merupakan peran dan tanggung jawab apoteker tetapi pasien cenderung menempatkan dokter dan apoteker, 2) apoteker merasa sudah melayani tetapi pasien belum merasakan, 3) pasien menilai apoteker trampil, tetapi masih kurang yakin dalam hal mengingatkan adanya pemeriksaan laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01
How to Cite
THOE, Deasy Abraham. OPINI APOTEKER DAN PASIEN TERHADAP PERAN APOTEKER DALAM PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KOTA MERAUKE. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 17, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/161>. Date accessed: 20 nov. 2017.