PEMBUATAN GAME NABI MUSA MENYELAMATKAN BANGSA ISRAEL DARI MESIR UNTUK ANAK USIA 9-11 TAHUN

  • Oey Indra Winata Setiawan Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Alkitab adalah tulisan yang diilhamkan oleh Allah. Membaca dan mengerti isi dari Alkitab dapat memperkaya pengalaman-pengalaman hidup dan lebih mengenal Yesus Kristus. Oleh karena itu, membaca Alkitab harus dilakukan sejak dini untuk mempelajari dan memahami kebenaran Yesus Kristus yang tertulis di dalam Alkitab. Pada kondisi saat ini banyak sekali anak-anak sudah memulai dibiasakan mengenal dan membaca Alkitab sejak dini. Tetapi sebagian besar dari anak-anak masih kebingung jika membaca Alkitab sendiri, yang dikarenakan bahasa yang susah dipahami oleh anak-anak dan Alkitab merupakan buku yang kurang menarik bagi mereka. Dari permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah penyajian cerita Alkitab yang menarik berupa game interaktif yang menceritakan tentang Nabi Musa dengan judul Pembuatan Game Nabi Musa Menyelamatkan Bangsa Israel Dari Mesir Untuk Anak. Game ini ditujukan untuk anak-anak berumur 9-11 tahun. Dalam game ini, cerita Nabi Musa disajikan dengan format game yang menggabungkan gambar, suara dan animasi. Dalam game ini terdapat pula fitur extra yang berupa mini games, survival, karakter dan juga fitur story yang menjadikan game ini menarik dan berinteraktif. Game ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmaprawira, Sulasmi (2002). Warna (Teori dan Kreativitas Penggunaannya) edisi ke-2. Bandung: Penerbit ITB.

Iyandri (2012). Multimedia Interaktif. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2145958-multimedia-interaktif/(Diakses pada tanggal 24 November 2012).

Nugroho, Eko (2008), Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Piaget, Jean (2010). Psikologi Anak (The Psychology of the Child). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock, John W. (2009). Masa Perkembangan Anak (Children). Jakarta: Salemba Humanika.

Sihombing, Danton (2003). Tipografi dalam desain grafis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Published
2018-03-01
How to Cite
SETIAWAN, Oey Indra Winata. PEMBUATAN GAME NABI MUSA MENYELAMATKAN BANGSA ISRAEL DARI MESIR UNTUK ANAK USIA 9-11 TAHUN. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 7, mar. 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1654>. Date accessed: 19 may 2019.