ANALISIS KEBUTUHAN KENYAMANAN SETTING MEJA DAN KURSI OUTDOOR COFFEE CORNER SURABAYA DITINJAU DARI ASPEK FISIK, FISIOLOGIS DAN PSIKOLOGIS KONSUMEN

  • R. Onny Pradiko Universitas Surabaya

Abstract

Cafe merupakan tempat yang sering digunakan untuk berbagai macam kegiatan, seperti makan dan minum, nongkrong, dan mengerjakan tugas, sehingga apabila meja dan kursi yang digunakan tidak nyaman, pengunjung pun tidak bisa menikmati hidangan dengan baik, meski kenyamanan adalah suatu hal yang bersifat subjektif, namun ada dampak-dampak yang disebabkan oleh suatu ketidaknyamanan, seperti dampak fisiologis, fisik dan psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak-dampak apa saja yang dirasakan konsumen terkait kenyamanan di setting kursi meja outdoor Coffee Corner secara umum dan mengetahui apa saja kebutuhan konsumen terkait ergonomi kursi dan meja itu sendiri. Subjek penelitian adalah konsumen outdoor Coffee Corner Surabaya tanpa ada batasan-batasan usia ataupun kategorisasi lain. Data yang didapatkan kemudian diskor dan dideskripsikan dengan distribusi frekuensi untuk mendapatkan gambaran demografis dan kenyamanan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kenyamanan konsumen outdoor Coffee Corner Surabaya adalah cukup, namun juga terdapat hal-hal yang memicu ketidaknyamanan konsumen terkait kursi dan meja outdoor Coffee Corner Surabaya, seperti contoh ruang meja yang sempit, bahan kursi yang keras, maupun meja yang tidak stabil, hal tersebut menyebabkan berbagai macam dampak fisik, fisiologis dan psikologis pada konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01
How to Cite
PRADIKO, R. Onny. ANALISIS KEBUTUHAN KENYAMANAN SETTING MEJA DAN KURSI OUTDOOR COFFEE CORNER SURABAYA DITINJAU DARI ASPEK FISIK, FISIOLOGIS DAN PSIKOLOGIS KONSUMEN. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 18, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/181>. Date accessed: 19 nov. 2017.