ANALISIS PENGARUH RASIO CAPITAL, ASSET QUALITY DAN LIQUIDTY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2007-2011

  • Clorinda Karunia Universitas Surabaya

Abstract

Bank merupakan industri yang kegiatan utamanya adalah penghimpunan dana dari masyarakat kemudian menyalurkannya dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh rasio keuangan Capital Adequacy Ratio (CAR), Pemenuhan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) dan Dana Pihak Ketiga (DPK) terhadap kinerja keuangan bank yang diukur dengan Return On Asset (ROA) serta variabel-variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA). Obyek penelitian adalah bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2011. Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan metode least square yang dianalisa menggunakan software Eviews 4.1. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Pemenuhan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) terbukti berpengaruh negatif terhadap ROA.

Published
2013-03-01
How to Cite
KARUNIA, Clorinda. ANALISIS PENGARUH RASIO CAPITAL, ASSET QUALITY DAN LIQUIDTY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2007-2011. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 17, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/184>. Date accessed: 24 sep. 2017.