PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI DAN SUB KONTRAK PADA PERUSAHAAN GARMEN ‘X’

  • Candra Septiani Putri Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 241 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 405 times
Keywords: Program aplikasi, sistem informasi, produksi, garmen, kontrak

Abstract

Garmen “X” adalah salah satu perusahaan garmen di Surabaya berskala Home Industry. Selain melakukan penjualan garmen dan pembelian bahan baku, Garmen “X” juga melakukan kerjasama dengan beberapa konsumen. Saat ini sistem yang sedang berjalan belum ditangani oleh sebuah sistem informasi berbasis komputer, sehingga untuk menjalankan proses produksi dan pencatatan kontrak kerjasama masih dilakukan secara manual dengan penyimpanan dokumen oleh pemilik secara paper-based yang menyebabkan rawan terjadinya kesalahan dan kehilangan dokumen. Untuk mengatasi kelemahan yang ada, maka dibuat sebuah program aplikasi sistem informasi produksi dan sub kontrak berbasis komputer, antara lain melakukan proses penjualan produk garmen, pembelian bahan baku, penjadwalan satu kali produksi, dan pencatatan data kontrak kerjasama dengan konsumen kontrak. Desain sistem yang dibuat berdasarkan analisis yang telah dilakukan adalah desain data bisa menggunakan ER Diagram dan mapping sebagai alat bantu pemodelan, desain proses bisa menggunakan Data Flow Diagram (DFD) sebagai alat bantu pemodelan dan desain antar muka. Hasil implementasi dari desain sistem yang telah dibuat terdiri dari implementasi data dan implementasi proses. Selain itu, dilakukan juga proses verifikasi dan validasi untuk memastikan program aplikasi tersebut dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Sehingga dapat disimpulkan sistem informasi berbasis komputer yang telah dibuat dapat membantu kelancaran kegiatan produksi dan sub kontrak pada Garmen “X”.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elmasri, Ramez and Shamkant B. Navathe. Fundamentals of Database System, Third Edition. The Benjamin / Cummings Publishing Company, Inc, United States of America, 2007.

HS, Octaviani. ed, 2010. SQL Server 2008 Express. Shortcourse series. Semarang: Wahana Komputer, Yogyakarta: Penerbit Andi

McLeod JR, Raymond . 2004 . Sistem Informasi Manajemen . Terjemahan Teguh Hendra . Jakarta: PT. Prenhallindo.

Maju bersama UKM, 2012. Aspek teknis dalam usaha garment [Online] (Updated 24 April 2011) Tersedia di : http://binaukm.com/?s=ASPEK+TEKNIS+DALAM+USAHA+GARMENT [Akses pada 28 Februari 2013].

M Kroenke , David , David J Auer . 2010 . 11th Edition , Database Processing . New Jersey: Pearson.

Yakub . 2012 . Pengantar Sistem Informasi . Graha Ilmu: Yogyakarta.
Published
2018-03-01