PERBAIKAN PERENCANAAN DAN PENJADWALAN PRODUKSI PADA DIVISI WPC (WOOD PLASTIC COMPOSITE) DI PT X

  • Maria Chriestina Soewiyanto Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 82 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 393 times
Keywords: peramalan, perencanaan dan pengendalian produksi

Abstract

Algoritma penjadwalan berdasarkan FCFS merupakan metode penjadwalan sederhana dan cukup mudah diterapkan. Akan tetapi, algoritma tersebut kurang cocok diterapkan apabila variasi produk sangat banyak, bahkan berbeda satu dengan yang lain. Dibutuhkan waktu setup yang sangat banyak apabila order yang datang berbeda-beda. Penelitian lebih lanjut akan dilakukan agar waktu produktif yang terbuang karena harus berkali-kali melakukan dice turnover dapat diminimasi, dan berdampak positif bagi performansi pemenuhan order perusahaan. Sebagai hasil akhir, algoritma penjadwalan dan perencanaan produksi usulan berhasil menjawab kebutuhan penjadwalan untuk produk dengan variasi yang sangat beragam. Untuk penelitian lebih lanjut, dapat dikonsentrasikan pada penentuan metode forecast yang lebih tepat untuk pola demand perusahaan, sehingga perencanaan produksi usulan dapat merepresentasikan kondisi riil demand.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baroto, T. (2002). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Bedworth, D. D., & Bailey, J. E. (1987). Integrated Production Control Systems: Management, Analysis, Design. New York: John Wiley & Sons.

Nasution, A. (2003). Perencanaan & Pengendalian Produksi. Surabaya: Guna Widya.

Sumayang, L. (2003). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sutalaksana et al. (1979). Teknik Tata Cara kerja. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Wignjosoebroto, S. (2003). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Jakarta: Guna Widya.
Published
2014-03-01