MOTION COMIC ADAB DAN DOA ISLAM SEHARI-HARI UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR

  • Fathimatuz Zahro Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Dhiani Tresna Absari Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Tyrza Adelia Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 280 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 166 times
Keywords: Motion Comic, Adobe Flash, Adab Islam, Do’a Islam Sehari-hari

Abstract

Adab merupakan aturan yang didasarkan aturan agama, terutama agama islam.Berdasarkan survei yang dilakukan terutama anak-anak, mereka mengakuhanya mempelajari sedikit adab dan do’a islam sehari-hari melalui buku dan orang tua. Ketertarikan anak-anak belajar adab dengan menggunakan metode motion comic ini mendorong terbuatnya motion comic ini. Motion comic ini dapat berperan sebagai salah satu metode media yang menggabungkan berbagai unsur multimedia yang ada untuk menceritakan suatu cerita. Hal ini dilakukan dengan tujuan membantu anak-anak untuk belajar adab dan do’a sehari-hari sekaligus membantu anak-anak untuk menumbuhkan minat membaca. Motion comic dibuat dengan menggunakan adobe flash dan hasil akhir dari aplikasi ini berupa dvd yang dapat digunakan pada komputer. Pembuatan aset seperti judul, tombol dan komik dibuat menggunakan software adobe photoshop.Tahapan pembuatan motion comic berbasis Flash ini meliputi analisa masalah dan kebutuhan yang diperlukan, perancangan desain dari sketsa, pengimplementasian desain pada Flash, dan uji coba aplikasi pada pengguna.Respon yangdidapatkan positifdan mengandung nilai-nilai moral yang baik.Diharapkan motion comic ini dapat menjadi salah satu solusi untuk semakin tertarik dalam mempelajari adab dan do’a islam sehari-hari..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albrecht, C.(2008). The Rise Of Motion Comics Online. [internet] Tersedia dari: https://gigaom.com/2008/07/30/the-rise-of-motion-comics-online/[Diakses pada 10 Desember 2015].

Carlson,D dan Johanna.(2010).What's the Point of a Motion Comic.[internet] Tersedia dari : http://comicsworthreading.com/2009/08/23/whats-the-point-of-a-motion-comic/[Diakses Pada 11 Desember 2015].

Santrock, JW.(2012).Perkembangan Masa-Hidup,Edisi ketiga belas. Jakarta: Penerbit Airlangga.

Aziz, Abdul. (2003M). Ensiklopedi Adab Islam Menurut Al-Quran Dan As-Sunnah. Jakarta: PUSTAKA IMAM ASY-SYAFI’I.

Sri, Euis.(2013). Kumpulan Doa Sehari-Hari. Jakarta: KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA.

Hudzaifah, Abu. (2015). Serial Adab Anak Islam. Solo: Media Sholih.
Published
2018-03-01