PERSEPSI PERAN AUDITOR INTERNAL DI PT. XYZ (PERBEDAAN PERSEPSI ANTARA AUDITOR INTERNAL DENGAN AUDITEE)

  • Dwi Winarno Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Yenny Sugiarti Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 266 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 357 times
Keywords: Audit internal, persepsi auditor internal, persepsi auditee, perception gap

Abstract

Masih sering terjadi perbedaan persepsi antara auditor internal dengan auditee terkait aktivitas audit internal yang dapat mempengaruhi kualitas dari audit internal. Perbedaan ini dapat berdampak pada kurang bermanfaatnya audit internal dan tidak dilaksanakannya rekomendasi yang diberikan. Penelitian ini dilakukan pada Badan Usaha Milik Negara, PT. XYZ. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Survey langsung di PT. XYZ dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana persepsi tentang aktivitas audit internal pada PT. XYZ dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi di antara keduanya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan wawancara dengan auditor internal dan auditee.  Dari hasil penelitian, tidak ditemukan perbedaan persepsi yang signifikan antara auditor internal dan auditee terhadap aktivitas audit internal. Kesamaan persepsi antara auditor internal dan auditee tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan aktivitas audit internal berjalan dengan efektif. Hal tersebut semakin mendukung keberhasilan bagi auditor internal pada PT. XYZ dalam mencapai tujuan audit internal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elliott, Michael, Dawson, Ray, dan Edwards, Janet. 2007. An Improved Process Model For Internal Auditing. Managerial Auditing Journal, Vol. 22 Iss: 6, pp.552 – 565

Flesher, Dale L dan Jeffrey S. Zanzig. 2000. Management Accountants Express A Desire For Change In The Functioning Of Internal Auditing. Managerial Auditing Journal 15/7(2000).331-337

IIA. (2009). Definition of internal auditing code of ethics. International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing. Institute of Internal Audit.

IIARF. (2010). Measuring Internal Auditing’s Value. Institute of Internal Auditors Research Foundation.

Lelis, Debora Lage Martins & Pinheiro, Laura Edith Taboada. 2012. Auditor and Auditee Perception of Internal Auditing Practices in a Company in the Energy Sector. R. Cont. Fin, v.23, n. 60.

Menteri BUMN. 2012. Tentang Rencana strategis Kementerian Badan Usaha Milik Negara Tahun 2012 – 2014. Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Mihret, Dessalegn Getie dan Yismaw, Aderajew Wondim. (2007). Internal Audit Effectiveness: An Ethiopian Public Sector Case Study. Managerial Auditing Journal, 22 (5).

Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003, Tentang Badan Usaha Milik Negara.

Presiden Republik Indonesia. PP Nomor 3 Tahun 1983 Pasal 45, Tentang Tata Cara Pembinaan Dan Pengawasan Perusahaan Jawatan (PERJAN), Perusahaan Umum (PERUM), Dan Perusahaan Perseroan (PERSERO).

Priantinah, Denies dan Megasari Chitra Adhisty. 2012. Persepsi Karyawan Tentang Peran Auditor Internal Sebagai Pengawas, Konsultan dan Katalisator Dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan. Jurnal Nominal, Volume I, Nomor I.

Puspitawati, Lilis. 2012. Implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi, Corporate Social Responsibility (CSR), Dan Peran Satuan Pengawasan Internal (SPI) Dalam Mewujudkan Praktik Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Milik Negara. Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol. 10, No. 2.

Sawyer, Lawrence B. 2003. Sawyer’s Internal Auditing (5th edition). The Institute of Internal Auditors, Florida.

Suyono, Eko dan Hariyanto, Eko. 2012. Relationship Between Internal Control, Internal Audit, and Organization Commitment With Good Governance: Indonesian Case. China-USA Business Review, Vol. 11, No.9.

Tampubolon, Robert. 2005. Risk and System Based Internal Audit. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)