DESAIN SHELTER BUS UNIVERSITAS SURABAYA

  • Feliciana Natalie Jurusan Design dan Manajemen Produk Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Pada halte bus Universitas Surabaya terdapat beberapa kekurangan yang membuat halte tersebut tidak berfungsi dengan optimal karena tidak mencakup faktor kenyamanan, keamanan, efisien, dan ketahanan. Oleh karena itu, penelitian dilakukan agar dapat mendesain ulang halte bus untuk Universitas Surabaya yang dapat membuat halte Universitas Surabaya tersebut berfungsi optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran yang mencakup kajian pustaka, observasi, wawancara, kuesioner dan studi aktifitas. Hasil yang diperoleh, adalah dalam halte bus Universitas Surabaya saat ini masih belum mencakup faktor kenyamanan dan keamanan. Oleh karena itulah dengan mendesain kembali halte bus Universitas Surabaya dapat membuat halte tersebut memiliki fungsi yang sesuai dengan faktor kenyamanan, keamanan, efisien, dan ketahanan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irawan, Bambang dan Tamara, Priscilla. 2013. Dasar-dasar Desain. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Krauel, Jacobo. 2009. Urban Furniture Selection. Links International: Barcelona.

Marta, Rengga Ondy dan Indrojarwo, Baroto Tavip. Desain Shelter Bus Dengan Konsep Berirama Untuk Menekan Permasalahan Antivandalisme dan Tindak Kejahatan Khusus Kota Surabaya. Jurnal Sains dan Seni Pomits. 1(2013). 1-6.

Palgunadi, Bram. 2008. Disain Produk 3: Mengenal Aspek Disain. ITB: Bandung.

Palgunadi, Bram. 2008. Disain Produk 2: Analisis dan Konsep Disain. ITB: Bandung.

Sofyan, Bondan T. 2010. Pengantar Material Teknik.Salemba Teknika: Jakarta.

Studio Imelda Akmal Architectural Writer. 2012. Indocement Award. PT Imaji Media Pustaka: Jakarta.

Universitas Surabaya. 1999. Membangun Paradigma Baru. PT Percetakan Gramedia: Jakarta.

Yusdianto, Adhe Rangga. 2010. Desain System Shelter Bus Rapid Transit dengan konsep Eco-Friendly untuk kawasan Kota Surabaya.
Published
2015-09-01
How to Cite
NATALIE, Feliciana. DESAIN SHELTER BUS UNIVERSITAS SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 18, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1975>. Date accessed: 23 july 2019.
Section
Bidang Desain dan Manajemen Produk (DMP)