PERAN CIRI KEPRIBADIAN “BIG FIVE PERSONALITY” TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA AGEN PT. PRUSOLID CITRA MANDIRI SURABAYA

  • Hartono Putra Ongkowijaya Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara nyata terkait dengan penerapan sistem pengendalian manajemen berdasarkan big five personality. Dari penelitian yang ada dapat dibuktikan bahwa dalam penerapan sistem pengendalian manjemen dengan disesuaikan dengan ciri kepribadian dari karyawan memberikan dampak yang positif dimana kinerja dari para karyawan tersebut dapat meningkat. SPM yang diterapkan akan dipengaruhi oleh ciri kepribadian dari karyawan dimana hal ini disebabkan oleh bargaining power yang lebih besar dari karyawan pada industri asuransi. Walaupun penerapannya berlawanan dengan teori yang ada dimana SPM ditentukan oleh pemimpin atau atasan, tetapi hasil dari penerapan ini dinilai cukup efektif terkait dengan peningkatan kinerja yang berdampak pada optimalisasi omset perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-03
How to Cite
ONGKOWIJAYA, Hartono Putra. PERAN CIRI KEPRIBADIAN “BIG FIVE PERSONALITY” TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA AGEN PT. PRUSOLID CITRA MANDIRI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. Hal. 1 -10, mar. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2>. Date accessed: 19 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.24123/jimus.v1i1.2.