STABILITAS FISIKA DAN PH SEDIAAN KRIM ANTI JERAWAT DENGAN MENGGUNAKAN VETEARYL ALCOHOL-CETEARYL GLUCOSIDE SEBAGAI BASIS KRIM

  • Sylvia Natalia Fakultas Farmasi Universitas Surabaya

Abstract

Telah dilakukan penelitian terhadap stabilitas fisika dan pH sediaan krim anti jerawat yang mengandung 2% asam salisilat sebagai Fonnula I, 2% asam salisilat dan 3% tea tree oil sebagai Formula I, 2% asam salisilat dan 5% Alpha Hydroxy Acid ( asam glikolat ) sebagai Formula Ill dengan kombinasi cetearyl alcohol-cetaryl glucoside sebagai basis krim yang disimpan dalam alat climatic chamber pada suhu 40°C ± 2°C I RH 75% ± 5% selama 31 hari . Pengamatan stabilitas fisika dilakukan pada hari ke-0, 5, 15, dan 31. Data hasil pengamatan stabilitas fisika sediaan krim selama waktu penyimpanan yang meliputi organoleptis, viskositas, sifat alir, tipe emulsi, berat jenis, ukuran droplet dan pH kemudian dianalisis dengan metode one-way ANOVA ( a=0,05 ) dan dilihat dari hasil analisis data statistik menunjukkan adanya perbedaan stabilitas fisika yang bermakna antara ke-3 formula . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan krim Formula I ,II, dan III tidak stabil dalam hal viskositas, berat jenis dan ukuran droplet, sedangkan untuk stabilitas pH Formula I dan II tetap stabil tetapi tidak dengan Formula III. Kemudian disimpulkan bahwa Formula l,ll,dan III tidak stabil secara fisika dan pH.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-01
How to Cite
NATALIA, Sylvia. STABILITAS FISIKA DAN PH SEDIAAN KRIM ANTI JERAWAT DENGAN MENGGUNAKAN VETEARYL ALCOHOL-CETEARYL GLUCOSIDE SEBAGAI BASIS KRIM. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 15, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2094>. Date accessed: 11 nov. 2019.